Ruteng, VoxNtt.com-Pesona pasir putih di bibir pantai ini sangat menjinakan mata. Suara ombak yang menyapu bibir pantai bagaikan desahan alami kala ombak bersentuhan dengan pasir. Dengan hamparan laut yang biru kehijauan, sudah pasti memberikan sensasi tersendiri bagi Anda yang berkunjung ke Pantai Ketebe Manggarai- Flores, Nusa Tenggara Timur.

Hingga saat ini para wisatawan memang belum banyak yang mengunjungi Pantai Ketebe di jalur pantai utara (pantura) Flores tersebut. Namun jika Anda melewati jalur Pantura, menyebut Pantai Ketebe pasti tak asing lagi bagi masyarakat di seputaran jalan negara itu.

Pantai yang terletak di Desa Robek, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai ini mampu memberikan pesona alam yang indah untuk sekadar menyejukan pikiran Anda.

Untuk menuju Pantai Ketebe dari kota Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai, diperlukan waktu sekitar 3 jam berkendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Jarak tempuhnya diperkirakan sekitar 90 km ke arah utara menuju kota Reo, ibu kota Kecamatan Reok.

Pantai Ketebe memang menawarkan pesona indah. Jika bertandang di pagi hari, para wisatawan disuguhi kehangatan sunrise dari ufuk timur. Jika lebih lama bertahan hingga siang atau sore hari, Anda pasti disuguhkan pemandangan nelayan yang pulang menangkap ikan mendekati bibir pantai.

Saat moncong perahu mereka menyentuh kemilaunya pasir, Anda bisa menyaksikan hasil tangkapan nelayan yang bekerja sepanjang malam. Harganya juga terjangkau dan bisa langsung dibakar. Di bawah pohon nyiur yang daunnnya masih melambai diterjang angin, ikan bakar ini bisa dicicip sambil menikmati sunset di ufuk Barat. Jadi, puas-puaslah Anda menikmati ikan segar sambil menikmati hamparan pasir putih yang indah.

Masuk ke Pantai Ketebe hingga saat ini memang masih gratis tanpa ada pungutan apapun. Jadi, Anda dengan bebas menikmati uniknya panorama pantai ini.

Jika Anda sedikit puas menikmati Pantai Ketebe, bergeserlah ke arah timur. Di sana ada Pantai Torong Besi yang akan melangkapi kunjungan Anda dengan suguhkan panorama pantai Torong Besi yang tidak kalah cantik dengan pantai Ketebe.

Masih juga belum puas di Kabupaten Manggarai? Anda bisa bertolak lagi ke kabupaten tetangga Manggarai Timur (Matim) masih di jalur yang sama menuju ke perbatasan dengan kabupaten Ngada.

Di Matim bagian utara ini, Anda juga dengan bebas menikmati panorama pantai nan eksotik lainnya. Sebut saja pantai Nanga Lirang di Dampek, Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda-Matim.

Bergeser lagi ke timur, Anda disuguhkan sensasi pasir putih yang menawan di pantai Watu Pajung. Pantai ini terletak  di Desa Nanga Mbaur, Kecamatan Sambi Rampas- Matim.

Terakhir di wilayah utara Matim ini, potensi wisata yang bisa Anda kunjungi ialah danau Rana Tonjong. Danau ini terletak di Desa Nanga Mbaling, Kecamatan Sambi Rampas. Sekitar 3 km arah utara dari Pota, ibu kota Kecamatan Sambi Rampas.

Danau Rana Tonjong merupakan danau Lotus (Nelumbo Nucifera) raksasa terbesar kedua di dunia setelah danau serupa di India. Danau ini memiliki luas 2,5 hektar. Pemandangannya sungguh menakjubkan. (AA/VoN)

alterntif text