Home / Regional NTT / Proses Pilkades 5 Desa di Cibal Berlangsung Aman

Proses Pilkades 5 Desa di Cibal Berlangsung Aman

Ruteng, VoxNtt.com– Proses rekapitulasi pemilihan kepala desa (Pilkades) di lima (5) desa di Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai baru saja selesai dilakukan. Kelima desa ini, antara lain, Desa Riung, Wudi, Kentol, Pinggang, dan Barang.

Dalam proses demokrasi Pilkades serentak di Kecamatan Cibal tersebut dikabarkan berlangsung aman dan terkendali. Tak ada laporan yang ada konflik sejak proses pencoblosan tadi pagi hingga selesai rekapitulasi suara.

Lambert Paput, Camat Cibal mengatakan dalam proses pencoblosan yang berlangsung hari ini, kelimanya berlangsung aman dan terkendali.

“Aman terkendali. Kami di sini ada lima desa,” ucap Lambert saat dihubungi VoxNtt.com via ponselnya, Selasa (1/11/2016) malam.

Hingga kini, kata dia, kelima desa tersebut baru saja menyelesaikan proses perhitungan.

“Sudah perhitungan semua, kami lagi tunggu drop kotak suara ke sini (kantor camat Cibal). Esok akan diantar ke BPMPD Manggarai,” katanya.

Dihubungi terpisah, Sebastianus Dedi, Ketua panitia pemilihan Desa Wudi juga membenarkan secara keseluruhan proses demokrasi di Cibal berlangsung aman dan terkendali.

“Selama proses pemilihan berjalan aman, tertib, dan sejuk,” kata Trian.

Dia mengaku, di Desa Wudi tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkades kali ini sangat tinggi. Tentu saja kondisi ini sangat berbeda dengan Pilkades sebelumnya.

Kedua calon yang bertarung memperebutkan kepala Desa Wudi, kata Trian, sangat menerima hasil demokrasi dengan iklas dan tetap menghargai proses demokrasi.

“Walau sempat sedikit tidak nyaman saat proses perhitungan. Itu karena perbedaan pemahaman dan perdebatan soal wewenang saksi dan luar saksi. Tapi ujungnya aman dan tertib,” ungkapnya. (AA/VoN).

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Kampanye Paket Evas, Aksi Panggung Azizah Sedot Perhatian 30.000 Massa

Mbay, Vox NTT- Tampilan seksi dibarengi suara merdu artis dangdut Azizah menyedot perhatian sekitar 30.000 …