Maumere, VoxNtt.Com- “Luna” alias Lurah Nangalimang, Maria G. Alestri S. Tiwa br. Sinaga pada Rabu, (28/12/2016) sore hari, mengumumkan pemenang Lomba Kebersihan dan Kerapihan Lingkungan bertema Natal antar RT yang diadakan Pemerintaha Kelurahan Nangalimang belum lama ini.

Pengumuman dilakukan usai melantik para Ketua RW dan Ketua RT di Kantor Kelurahan Nangalimang, Jl.Kolombeke, Alok, Maumere.

Kepada VoxNtt.Com saat diwawancarai usai kegiatan, Lurah cantik yang biasa disapah “Luna” oleh teman-teman sejawatnya ini mengaku terharu dengan partisipasi dan animo warga serta keberhasilan para ketua RT untuk mengkonsolidasi warganya.

Foto:Lurah Nangalimang, Maria G. Alestri S. Tiwa, S.STP berpose bersama dua orang anak muda dari salah satu RT di Nangalimang yang berdandan ala sinterklas
Foto:Lurah Nangalimang, Maria G. Alestri S. Tiwa, S.STP berpose bersama dua orang anak muda dari salah satu RT di Nangalimang yang berdandan ala sinterklas

“Saya terharu sekali melihat partisipasi dan animo mereka untuk melibatkan diri dalam lomba ini karena mereka lah Kelurahan Nangalimang belakangan menjadi pusat perhatian,” ungkapnya.

Dirinya memberi contoh terkait lomba tersebut, awalnya pihaknya bermaksud masing-masing RT cukup menyediakan satu pohon Natal.

Namun, warga ternyata memilih untuk membuat pohon natal dan ornamen bertema natal di rumah dan sepanjang jalan umum.

“Waktu awal lomba saya temukan itu dan saya terharu sekali sehingga saya biarkan saja mereka berkreasi,” ujarnya.

Inisiatif tersebut membuahkan hasil, Nangalimang terkesan angker di malam hari berubah menjadi indah. Tidak hanya itu, Nangalimang yang menurutnya masih dianggap sebagai kelurahan semi desa karena berada di pinggiran kota Maumere tersebut menjadi pusat perhatian banyak orang di masa Natal ini dan diberitakan sejumlah media.

“Ini semua karena peran aktif para Ketua RT dan RW serta masyarakat,” ungkapnya.

Oleh karen itu, dirinya berharap kebersihan yang sudah diwujudkan tersebut akan terus dijaga di waktu-waktu yang akan datang.

“Kami sudah bersepakat bahwa selain kebersihan, upaya menghiasi lingkungan akan dilakukan terus sesuai tema momen misalnya Paskah, Natal, Idul Fitri atau pun hari raya kenegaraan,” tambahnya.

Foto: Para Ketua RT yang menjadi pemenang Lomba Kebersihan Lingkungan
Foto: Para Ketua RT yang menjadi pemenang Lomba Kebersihan Lingkungan

Selain itu, mulai tahun 2017 ini Kelurahan Nangalimang akan mengaktifkan kembali kerja bakti setiap Jumad atau yang dikenal dengan Jumad Bersih.

Para pemenang lomba dibagi mejadi dua kategori yakni kategori umum untuk kebersihan lingkungan dan kategori keindahan untuk pohon Natal unik.

Pemenang kategori umum yaitu kebersihan antara lain Juara I RT 21, Juara II RT 14, dan Juara III RT 13.

Selanjutnya pemenang kategori pohon Natal unik antara lain Juara I RT 018, Juara II RT 11, Juara Harapan III RT 17, Juara Harapan I RT 08, dan Juara Harapan II RT 07.

Juri dalam lomba ini adalah ibu lurah dan perangkat kelurahan. Namun, khusus untuk kategori kebersihan, pihak kelurahan melibatkan Camat Alok, Fitrinita Kristiani.

Ketua RT 021 yang meraih Juara I kategori kebersihan, Yopi Nurak kepada VoxNtt.Com menduga penetapan juara oleh juri untuk RT yang dipimpinnya tersebut dikarenakan selama ini warga di kelurahannya kurang aktif namun dengan lomba ini dirinya bisa melibatkan warga untuk membersihkan lingkungan.

Dirinya mengakui selama ini lingkungannya sering dijadikan lokasi membuang sampah.

” Kami ajak anak-anak dan pemuda untuk bersihkan sampah dan pasang larangan untuk membuang sampah,”ujarnya.

Dirinya mengapresiasi peran perempuan di lingkungannya yang sangat aktif dalam lomba ini sembari berharap kebersihan lingkungan bisa terus dijaga di masa yang akan datang.

Sementara itu, total ketua RT dan ketua RW yang dilantik dalam kesempatan tersebut adalah sebanyak 21 ketua RT dan 7 ketua RW.

Dari 21 RT tersebut, 7 diantaranya dipimpin oleh perempuan. Usai pelantikan, pihak kelurahan menyerahkan papan nama ketua RT dan Ketua RW untuk dipancangkan di depan rumah masing-masing ketua RT dan ketua RW tersebut.*** (ADP/VoN)

Foto Feature: Lurah Nangalimang, Maria G. Alestri S. Tiwa br.Sinaga,S.STP berpose bersama para ketua RT dan RW sekelurahan (Foto:ADP/VoN)

alterntif text