Home / HEADLINE / Debat Ilmiah, Cara Remaja Kampung Deru Nikmati Malam Minggu
Remaja kampung Deru saat memperdebatkan pro-konta Ujian Nasional

Debat Ilmiah, Cara Remaja Kampung Deru Nikmati Malam Minggu

Borong, VoxNtt.com- Belajar adalah cara mengubah perilaku, ketajaman berpikir serta mengasa potensi diri yang terpendam.

Kesadaran itulah yang memotivasi sedikitnya 100 remaja yang tergabung dalam komunitas Pemuda Peduli Pendidikan Masyarakat Deru (P3MD) di kampung Deru, Desa Mokel, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur.

Lewat komunitas ini, para remaja berkumpul pada setiap malam minggu untuk belajar dengan mengadakan debat ilmiah dengan tema yang telah disepakati bersama.

Beragam tema mereka angkat dalam forum debat seperti debat pada Sabtu, (18/02/2017). Kali ini para peserta sepakat untuk mendebatkan soal pro-kontra ‘Pentingkah Ujian Nasional di Indonesia’.

Tak hanya tema pendidikan, tema politik, ekonomi dan sosial juga menjadi sorotan utama mereka.

Ketua umu P3MD, Ricardus Derosari ketika diwawancarai VoxNtt.com di sela-sela kegiatan berlangsung menjelaskan melalui wadah P3MD para pemuda kampung dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki oleh peserta.

“Dalam debat kami tidak hanya berlatih untuk bicara, tapi juga menambah pengetahuan kami lewat tema-tema yang dibicarakan” kata Ricardus.

Ia menjelaskan P3MD merupakan organisasi kecil satu-satunya di Kampung Deru yang bertujuan untuk melatih mental, minat dan bakat anak-anak P3MD agar bisa berpikir kritis.

Selama ini, kata dia, kegiatan ini telah diikuti oleh anak dan remaja dari tingkat SD, SMP, SMA/MK.

Selain itu tujuan lain agar anak-anak P3MD tidak menggunakan waktu malam minggu dengan sia-sia.

“Dalam mengikuti kegiatan debat setiap malam minggu banyak sekali perubahan baik dalam berinteraksi sosial maupun dalam kegiatan KBM di sekolah, mereka merasa bahwa pemahan mereka berlahan-lahan mulai berubah” tutur Ricardus.

Sementara itu, Epinus Ten salah satu peserta debat Komunitas P3MD mengakui bahwa dirinya merasa bangga dan senang ketika pertama kali bergabung dan mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat membantu saya dalam hal berpikir kritis, dan dapat berubah dari tidak tau menjadi tau” kata Epinius. (Kontributor: Mulia Donan/VoN)

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Debat Pilkada, Warga Kecewa dengan KPU Nagekeo

Mbay, Vox NTT-Pelaksanaan debat publik perdana Pilkada Nagekeo membuat sejumlah warga kecewa dengan KPU setempat. …