Elias Sumardi Dabur

Borong, Vox NTT- Pemerhati Politik, Elias Sumardi Dabur (ESD) menanggapi soal munculnya banyak figur Manggarai yang tampil dalam Pilgub NTT 2018 mendatang.

Data yang dihimpun VoxNtt.com, hingga kini figur dari tanah Nuca Lale itu yang santer diwacanakan maju menjadi kotenstan Pilgub NTT yakni, Benny Kabur Harman, Christian Rotok, Adrianus Garu, dan Robert Soter Marut.

ESD memandang munculnya figur-figur tersebut sangat positif. Walaupun berasal dari daerah yang sama.

Dia menganggap itu biasa dan wajar dalam alam demokrasi saat ini.

“Saya menyambut positif niat baik dan keputusan mereka untuk maju.
Menurut saya itu biasa dan wajar saja,” katanya melalui pesan WhatsApp, Jumat (24/3/2017).

Untuk meraih dukungan, kata ESD, figur-figur ini perlu menentukan cara masing-masing. Tapi, cara tersebut tidak boleh terlepas dari analisis yang lazim dipakai dalam politik elektoral kita saat ini.

“Mereka harus cermat melakukan analisis, terutama perilaku dan karakteristik pemilih, juga pendekatan dan komunikasi politik,” pungkasnya.

Sebab itu, ia mengajak masyarakat untuk terbuka terhadap semua figur. Dengan cara ini, kata ESD, masyarakat dapat mengenal figur dengan baik dan memilih dengan tepat.

“Tidak perlu terburu- buru menutup diri, mengkotak- kotakan diri dalam suku, agama dan kepentingan partisan,” imbuhnya. (Ferdiano Sutarto Parman/VoN)

alterntif text