Home / Ekbis / Produk 600 UMKM di Mabar Akan Dipasarkan Secara Online
Pelaku UMKM di Mabar saat mempromosikan produknya di Pendopo Kantor Dinas Perinkop dan UKM Mabar

Produk 600 UMKM di Mabar Akan Dipasarkan Secara Online

Labuan Bajo,Vox NTTSedikitnya 600 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di wilayah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) akan memasarkan hasil produknya secara online.

Ini bertujuan agar produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat lokal di Mabar menjangkaui pasar secara luas.

Kepala Ekuisisi Nurbaya Initiative, Erwin Setiawan mengatakan Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Informasi dan Komunikasi berserta stakeholder memberi dukungan penuh kepada 600 UMKM di Mabar dalam mempromosikan produk-produk hasil UMKM dengan berbasis digital.

“Manfaat bagi masyarakat dari gerakan peng-online-an 100.000 UMKM yakni memberikan beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM yakni distribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh BANK BRI,” ujar Erwin di hadapan 43 kelompok UMKM di Mabar saat acara Meng-online-kan 100.000 UMKM serentak di Pendopo Kantor Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perinkop dan UKM), Jumat (31/3/2017).

Erwin menargetkan dari 600 UMKM di Mabar, pada hari pertama kegiatan ini mampu meng-online-kan 150 sampai 200 UMKM. Produk 600 UMKM yang ada di Mabar nantinya akan dipromosikan melalui tokopedia, bukalapak.com, beli-beli.com dan belanja.com.

“600 UMKM yang ada di Mabar nantinya harus membuka rekening Bank agar seluruh transaksi dari pembeli memelalui Bank,” katanya.

Keuntungan dari meng-online-kan produk UMKM kata dia, pelaku usaha tidak merepotkan menyiapkan los jualan di pasar atau ruko untuk menjual produk-produk. Seluruh produk dari UMKM dijual secara online.

“Para pelaku tidak usaha menyiapkan kios untuk berjualan. Produk ibu-ibu dijual secara online dan seluruh masyarakat di Indonesia akan mengetahui produk pelaku UMKM di Mabar,” kata Erwin.

Sekretaris Dinas Perinkop dan UKM Mabar, Bernadus Odem kepada wartawan mengatakan 600 pelaku UMKM yang didaftarkan secara online itu adalah mereka yang selama ini didampingi oleh dinasnya.

“Para pelaku UMKM lainnya juga di Mabar tidak menutup kemungkinan untuk bisa mendaftar mengonlinekan produknya,” katanya.

Untuk diketahui, acara meng-online-kan 100.000 UMKM serentak ini juga dilaksanakan secara serempak di Indonesia pada Jumat 31 Maret 2017.

Di NTT ada dua Kabupaten yakni, Kota Kupang dan Mabar. Kegiatan ini juga dalam rangka Hari UMKM Online secara Nasional.

Di Mabar sendiri nantinya yang akan mendampingi UMKM adalah PT Pos Cabang Labuan Bajo. (Gerasimos Satria/VoN-)

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Mayoritas Pedagang Pasar Borong Terpasung Rentenir, Pemkab Matim Diminta Ambil Sikap

Borong, Vox NTT- Sekitar 90 persen para pedagang di Pasar Borong, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai …