Home / NTT NEWS / Waspada! Jembatan Noelmina Terancam Putus
Badan Jembatan Noelmina yang retak ditutup plat baja (Foto: Thompson/VoN)

Waspada! Jembatan Noelmina Terancam Putus

Oelamasi, Vox NTT- Jembatan Noelmina di Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang terancam putus karena terjadi pergeseran pada salah satu titik permukaan selebar 50 cm.

Warga sekitar jembatan yang diresmikan tahun 1990 itu, membenarkan fenomena tersebut. Seperti halnya disampaikan Taneo, pria yang berdomisili di ujung jembatan Noelmina.

“Dulu ada retak lumayan lebar. Tapi hari Rabu kemarin petugas dong su datang tutup pake plat besi”, ungkap Taneo saat dijumpai VoxNtt.com di Jembatan Noelmina, Jumat (07/04/2017).

Pantauan wartawan, terdapat tiga plat baja setebal 10 mm dipasang melintang di atas lantai.

Menurut warga, pemasangan 3 plat baja tersebut baru dilakukan pada hari rabu, (06/04/2017) oleh pihak Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I NTT.

PPK Satker Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I NTT, Wilhelmus Sugu Djawa

Di tempat berbeda, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Pelaksana Jalan Nasional X dari Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I NTT, Wilhelmus Sugu Djawa membenarkan kejadian tersebut.

“Lantai jembatan Noelmina bergeser 50 centi dan turun 15 centi dekat persambungannya. Untuk sementara kami sudah tangani semampu kami” jelas Djawa ketika dijumpai media ini di Takari, Kabupaten Kupang.

Lebih lanjut, Pria yang disapa Wili ini mengakui sudah menginformasikan kepada bagian perencana terkait persoalan tersebut.

Ketika ditanya terkait penyebab fenomena tersebut, pihaknya menduga terjadi kemiringan pada dasar pilar penyangga jembatan akibat tekanan air yang mengikis dasar sungai.

Namun, pihaknya mengimbau masyarakat dan seluruh pengguna jalan untuk tetap waspadah dan berhati-hati saat melintasi jembatan Noelmina.

“Kami berharap permasalahan ini secepatnya diatasi demi keselamatan pengguna jembatan” ungkap Wili. (Dede/ Thomson/ VoN).

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

20.000 Pemilih di Manggarai Belum Miliki Suket Kependudukan

Ruteng, Vox NTT- Sebanyak 20.000 pemilih pemula Pilgub NTT di Kabupaten Manggarai belum memiliki surat …