Ivan Nestroman saat melantunkan lagu No Woman No Cry (Foto: Boni Jehadin/Vox NTT)

Kota Kupang, Vox NTT-Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) NTT merayakan Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April 2017 di Pantai Oesapa, Kota Kupang.

Kali ini, peringatan Hari Bumi disuguhkan dengan cara yang lebih kreatif dengan melibat masyarakat di sekitar pantai Oesapa dan sekitarnya.

Tak hanya warga Kota Kupang, hadir pula dalam acara ini ratusan peserta Konsultasi Nasional Lingkungan Hidup (KNLH) WALHI dari seluruh Indonesia.

KNLH merupakan wadah pertemuan WALHI seluruh Indonesia untuk membahas beragam masalah lingkungan di seluruh Indonesia yang diselenggarakan di Aula Ben Boi, Kantor Gubenur NTT, Naikolan, Kota Kupang.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Panggung Rakyat ini menyuguhkan beragam pentas seni seperti pembacaan puisi, monolog, pentas musik, teater dan pesan-pesan ekologi dari anggota WALHI untuk masyarakat NTT khususnya Kota Kupang.

“Panggung rakyat adalah cara WALHI mengampanyekan pesan lingkungan kepada masyarakat agar lebih menyentuh dan berdampak pada gerakan menjaga lingkungan dan alam” kata Umbu Wulang, Direktur Eksekutif WALHI NTT.

Kegiatan yang dimulai dari sore pukul 17.00 Wita ini disaksikan oleh ribuan warga Kota Kupang. Kehadiran musisi NTT, Ivan Nestroman menjadi daya tarik sendiri dalam pertunjukan Panggung Rakyat ini.

Musisi Jazz yang terkenal dengan kelihaianya menggubah lagu-lagu daerah NTT ini sontak membuat hadirin terpukau. Tak jarang mereka ikut bergoyang ria tatkala Ivan menyanyikan lagu dalam nuansa rege dan Timor.

Di sela-sela lagu, Ivan juga menyampaikan pesan untuk menjaga alam NTT dari keserakahan investasi yang cenderung merusak lingkungan.

Pelantun lagu Mogi  ini juga menyampaikan bahwa alam dan orang NTT adalah kedua unsur yang tidak bisa dipisahkan.

“Hutan adalah rambut kami, air adalah darah kami, batu adalah tulang kami dan tanah adalah daging kami” ungkap Ivan yang disambut tepuk riuh para penonton.

Berikut adalah beberapa video semarak panggung rakyat saat Ivan Nestroman menyanyikan lagu Mogi…

Usai menyanyikan lagu Mogi Ivan juga mengamini permintaan penonton untuk bergoyang rege dalam lagu “No Woman No Cry” karya Bob Marley

 

alterntif text