Home / Berita Terkini / Kuda Bupati Ngada Raih Juara Satu
Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Petani 2017 di Ngada

Kuda Bupati Ngada Raih Juara Satu

Bajawa, Vox NTT- Kuda Ratu Tura Tea milik Bupati Ngada Marianus Sae meraih supermasi tertinggi juara I pada Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Petani 2017.Kejuaraan itu diselenggarakan Pordasi Kabupaten Ngada.

Juara dua ditempati oleh kuda Pokemon milik Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Raymundus Sau Fernandes. Lalu, juara tiga diraih oleh kuda Losblancos milik Yoseph Oja Wago warga Desa Beja, Kecamatan Bajawa.

Bupati Ngada Marianus Sae mengatakan, kegiatan pacuan kuda merupakan salah satu bentuk olahraga yang diselenggarakan dalam rangka mengangkat keberagaman budaya bangsa. Itu khususnya nilai-nilai olahraga sebagai kekuatan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, sekaligus untuk membangun nilai-nilai sportifitas dalam membangun daerah .

Melalui kegiatan ini, jelas Marianus, dapat menimba berbagai nilai yang positif. Nilai tersebut antara lain; nilai persatuan dan kesatuan, sportifitas, rasa percaya diri, saling menghargai dan saling menghormati, saling menolong, dan berbagai nilai sosial lainnya.

Selain itu, ada juga nilai-nilai ekonomis yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat sekitarnya. ‎

Bupati Marianus menjelaskan, kejuaraan tersebut harus dimaknai sebagai kesempatan berkreasi untuk menciptakan semangat baru dalam menekuni bidang tugas kita masing-masing. Termasuk salah satu tugas pokok masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani.

Sementara itu, Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes mengatakan hobi Kuda Pacu antara masyarakat Ngada dan Kefamenanu hampir sama.

Dirinya membawa kuda Pacu untuk mengikuti Lomba atas undangan Bupati Ngada saat dirinya mengikuti Reba. Ia hadir karena telah diterima sebagai keluarga besar Ngada, dimana Raymundus telah dikenakan pakaian kebesaran Bajawa. (Arkadius Togo/VoN)

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Berkuasa Seturut Zaman

Oleh: Yergo Arnaf* Pilkada Matim kembali menggelinding. Rakyat kembali diseret ke dalam perbincangan kritis soal …