Home / Berita Terkini / Johnny Plate: TdF Itu Jangan Pakai Uang Rakyat

Johnny Plate: TdF Itu Jangan Pakai Uang Rakyat

Labuan Bajo, Vox NTT-Anggota DPR-RI asal Flores, Johnny G Plate meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di seluruh Flores agar tidak menjadikan ajang Tour de Flores (TdF) tahun 2017 untuk menghamburkan uang rakyat.

Dia menginginkan ajang balap sepeda internasional itu benar-benar sebagai media promosi obyek wisata yang nantinya akan berdampak pada kunjungan wisata.
“TdF harus bisa bekerja sama dengan induk olahraganya, Kementerian Pariwisata dan Pemkab di Flores, “ujar Johnny Plate kepada wartawan di Labuan Bajo, Selasa (20/6/2017).

Menurutnya, pembiayaan TdF tidak harus bersumber dari dana APBD II setiap kabupaten.

Seharusnya kata dia, pembiayaan TdF harus bersumber dari induk olahraga Balap Sepeda yakni ISI dan  Kementerian Pariwisata itu sendiri. Hal itu bertujuan agar event itu tidak terkesan menghamburkan uang rakyat.

“Yang paling TdF itu bukan biayanya tetapi relevan dengan hasil akhir atau tujuan dari event itu, ” katanya.

Johnny Plate juga berharap agar TdF itu bukan saja sekedar olahraga melainkan ada dampak langsung terhadap perkembangan dunia pariwisata di Flores.

“Tour de France baru sekarang dirasakan dampaknya, pada event itu sudah berlangsung puluhan tahun lalu. Kita harap juga TdF seperti itu, ” harap Johnny Plate yang sekarang menjabat Wakil Fraksi NasDem DPR-RI.

Dia juga meminta peran Kementerian Pariwisata bersama Pemkab di Flores agar usai TdF dilaksanakan harus ada kegiatan atau program lanjutan agar biaya yang dikeluarkan oleh setiap Pemkab di Flores mendapat nilai timbal balik dari perkembangan industri pariwisata itu sendiri.

“Kami dukung, jika TdF itu mau menampilkan NTT di etalasi pariwisata Nasional dan etalasi pariwisata dunia.Tetapi, TdF jangan sampai menghambur-hamburkan biaya, apalagi (TdF) itu uang rakyat, ” tegas Johnny Plate.

Seperti diketahui, untuk TdF tahun 2017 sejumlah Kabupaten di Flores mengkucurkan biaya Rp 1 miliar lebih untuk biaya balap sepeda itu.

Hanya kabupaten Ngada yang menolak kucurkan anggaran dari APBD II. Sedangkan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) sendiri, Pemkab sudah menyediakan Rp 1, 3 miliar untuk TdF. (Gerasimo Satria/VoN).

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Mengenang Kembali Aksi ‘Penertiban’ Rakyat Miskin di Zaman Bupati Ansar

Maumere, Vox NTT– Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera kembali maju sebagai calon bupati Sikka dalam …