Home / Berita Terkini / Berkunjung ke Sumba, Jokowi Dihadiahi Parang dan Kuda Sandalwood
Jokowi saat berkunjung ke pulau Sumba NTT (Foto: Facebook Alex Wanda)

Berkunjung ke Sumba, Jokowi Dihadiahi Parang dan Kuda Sandalwood

Vox NTT-Kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (12/07/2017) disambut secara adat oleh pemerintah dan masyarakat setempat.

Presiden dan ibu negara tiba di Bandara Tambolaka SBD dengan menggunakan pesawat kepresidenan sekitar pukul 10.30 Wita, langsung menuju rumah jabatan Bupati SBD.

Saat berada di rumah jabatan, Presiden Jokowi disambut secara adat oleh Bupati SBD Markus Dairo Talu dengan menyerahkan parang Sumba bergagang gading dan seekor kuda Sandalwood (kuda yang dikembangkan di Pulau Sumba).

Setelah itu, Jokowi bersama rombongan kemudian bergerak menuju lapangan Galatama yang bersebelahan dengan rumah jabatan bupati.

Di lapangan tersebut, presiden mengunjungi 2.017 penenun dari ratusan sanggar di kabupaten tersebut. Ia juga menyaksikan parade 1.001 kuda sandelwood yang telah dihias.

Dapat Hadiah Parang dan Kuda Sumba

Warga dan pemerintah juga memberi hadiah kepada Jokowi berupa parang Sumba bergagang gading gajah, kain Sumba dan seekor kuda Sandalwood yang merupakan kuda ras asli Pulau Sumba.

Kedatangan Jokowi ke SBD, dalam rangka menghadiri hari puncak Festival Sandalwood yakni parade 1.001 ekor kuda Sandalwood yang dan festival tenun ikat khas sumba yang akan diikuti oleh 2.017 penenun.

Dalam acara tersebut, Jokowi langsung mengenakan pakaian adat Sumba lengkap dengan atribut di kepala ketika menyapa warga Sumba yang berkumpul di lapangan Galatama, Kota Tambolaka.

Jokowi juga melihat atrakasi atau cara pembuatan tenun yang dilakukan ibu-ibu di lapangan Galatama.

Selain itu Jokowi juga menyaksikan parade kuda Sandalwood berjumlah 251 ekor di lapangan Galatama.

Dalam sambutannya, Jokowi belajar menyapa warga Sumba dengan bahasa daerah Sumba, Payawou dan Pakalaka.

“Saya baru belajar bahasa ini, jadi kalau keliru jangan disalahkan,”ucap Jokowi seperti dilansir Kompas.com (12/07/2017)

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat menyaksikan tarian adat Sumba yang dipentaskan oleh ratusan penari.

Usai memberikan sambutan dan membuka kegiatan festival itu, Jokowi lalu meninjau tenun yang diikuti oleh ribuan peserta dan melihat pameran Dekranasda NTT.

Selanjutnya Jokowi bersama rombongan langsung menuju Bandara Tambolaka dan terbang dengan pesawat kepresidenan menuju Makasar, Sulawesi Selatan. (Kompas.com/VoN).

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

ROMA Bakal Hemat Anggaran Mulai dari Bupati dan Wakil Bupati

Maumere, Vox NTT- Pasangan calon bupati dan wakil bupati Sikka dari jalur independen, Robi Idong …