Home / Berita Terkini / Festival Budaya Liang Ndara Angkat Kearifan Lokal
Tarian Caci di Desa Liang Ndara (Foto: Istimewa)

Festival Budaya Liang Ndara Angkat Kearifan Lokal

Labuan Bajo, Vox NTT-Festival budaya Liang Ndara  akan digelar pada tanggal 18 hingga 22 Agustus 2017 mendatang  di Kampung Cecer, Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Festival  itu akan  mengangkat potensi dan kearifan lokal sebagai potensi wisata baru di kampung yang berada di kaki gunung Mbeliling itu.

“Dalam festival itu akan ditampilkan atraksi budaya dan permainan lokal masyarakat Manggarai yang sudah lama ditinggalkan, ” ujar Kepala Desa Liang Ndara, Karolus Vitalis kepada VoxNtt.com, Rabu (9/8/2017) sore.

Festival budaya Liang Ndara itu kata Karolus, mengusung dan mengangkat potensi kearifan lokal seperti tarian massal pepak, lomba kuliner lokal, dan lomba permainan tradisional. Itu seperti permainan gasing serta pameran penyulingan sopi, pembuatan gula aren,  kopi tumbuk, anyaman werek dan anyaman pandan.

“Malam harinya akan tampil tarian manggarai yang dibawakan oleh 5 sangar budaya yang ada di Desa Liang Ndara, “tuturnya.

Menurutnya, tujuan dilaksanakan kegiatan itu ingin menarik ratusan wisatawan berkunjung di Desa Liang Ndara.

Apalagi, Desa Liang Ndara adalah desa wisata yang memiliki banyak potensi obyek wisata.

“Liang Ndara tidak hanya terkenal dengan pertunjukan tarian caci, kita ingin tunjukan Liang Ndara ini memiliki potensi lain yang memikat wisatawan akan betah berada di Desa Liang Ndara, ” ujar Karolus.

Festival yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Liang Ndara itu berharap banyak wisatawan dan masyarakat yang akan menyaksikan hajatan itu.

Segala persiapan, baik oleh panitia dan masyarakat Desa Liang Ndara sudah hampir rampung.

“Rumah masyarakat di Desa Liang Ndara siap menerima wisatawan yang ingin menginap di rumah warga ketika festival itu berlangsung, “jelas Karolus.

Pemerintah Desa Liang Ndara berencana Festival budaya Liang Ndara digelar setiap tahunnya pada tanggal yang sama yakni 18-22 Agustus.

Kampung Cecer, Desa Liang Sendiri adalah kampung pusat pertunjukan Caci dan tarian Kerangkuk Alu di wilayah Labuan Bajo, Kabupaten Mabar (Gerasimos Satria/AA/VoN)

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Anggota DPRD Ende Mikhael Badeoda Serap Aspirasi Rakyat Roworena

Ende, Vox NTT- Anggota DPRD Ende, Mikhael Tani Badeoda melakukan reses III di Dusun Wolokaro, …