Home / Berita Terkini / Prodi Matematika Undana Gelar Cerdas Cermat
Acara Pembukaan CCM di Aula BAAK Lama Undana, Penfui Kupang. (Foto: Ayu Sidin)

Prodi Matematika Undana Gelar Cerdas Cermat

Kupang, Vox NTT- Program Studi (Prodi) Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana (Undana) menggelar Cerdas Cermat Matematika (CCM) bagi siswa/I sekolah dasar (SD) sedaratan Timor dan Flores Timur.

Kegiatan bertema “be Smart be Happy” ini dibuka hari ini, Selasa (26/09/2017) di Aula BAAK Lama Undana, Penfui, Kota Kupang. Kegiatan ini akan berlansung selama kurang lebih sepekan terhitung sejak tanggal 27 September – 2 Oktober sekaligus penutupan. Kendati demikian, peserta sudah melakukan cek in dari hari Senin (25/09/2017).

Ketua panitia, Maria Jeni Derosari Bria dalam sambutannya mengapresiasi seluruh peserta dan sekolah-sekolah di daratan Timor serta Flores Timur yang bersedia dan antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut Jeni, demikian ia disapa perkembangan dunia Pendidikan dan teknologi yang begitu pesat menuntut semua orang agar mempersiapkan diri sejak dini, agar kelak bisa bersaing walaupun dengan tantangan apapun.

“Untuk menghadapi tantangan global, perlu adanya persiapan diri dari generasi muda sejak dini dengan cara memebekali mereka, dengan berbagai Pengetahuan. Salah satunya melalui kegiatan Cerdas Cermat Matematika seperti ini,” tegasnya.

Jeni berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan bersaing secara sehat.

Sementara Ketua Kelompok Studi Mahasiswa Matematika (KSMM), Kristoforus Edu mengatakan, saat ini Indonesia menjadi negara dengan rekor terendah dalam indeks prestasi belajar matematika.

Menurutnya dari 70 negara di Asia, Indonesia berada pada urutan ke-69. Karena itu kata dia kegiatan cerdas cermat matematika adalah salah satu strategi untuk meningkatkan indeks prestasi belajar matematika orang Indonesia.

Dan pilihan belajar sejak dini atau melibatkan siswa/I SD dalam ajang seperti ini, merupakan cara terbaik untuk mengasa kemampuan bermatematika.

“Indonesia berada pada urutan ke-69 dari 70 negara di Asia untuk indeks prestasi belajar Matematika. Oleh karena itu, kegiatan CCM ini menjadi salah satu cara kami mahasiswa Prodi Matematika untuk berkontribusi dalam menjawab tantangan itu,” jelas Kristo.

Adapun Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan MIPA, Josh Wangge mengapresiasi kinerja KSMM yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan melibatkan lebih banyak sekolah lagi dari tahun sebelumnya.

“Kami, Ormawa Undana mengapresiasi hal baik yg dilakukan KSMM, apalagi sudah melebarkan perekrutannya sampai ke Flores Timur. Dinamika seperti ini yang terjadi di program studi, akan sangat berpengaruh bagi dinamika Ormawa kedepannya,” cetusnya.

Hal demikian juga diungkapkan Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Matematika, Dra. Juliana Nenohai, M.Pd. Dalam sambutannya mengatakan, peserta yang terlibat dalam kegitan tersebut adalah generasi pilihan dan pemenang masa depan.

“Semua peserta yang datang adalah pemenang dan menjadi yang terbaik dari setiap sekolah,” katanya sambil menyemangati peserta.

Pembantu Dekan bidang Kemahasiswaan FKIP UNDANA, Mlkisedek Taneo saat mewakili Dekan membuka Kegiatan tersebut menyampaikan, Pimpinan fakultas sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan itu.

“Kegiatan ini harus bermanfaat. Harapannya agar tahun mendatang bisa berkembang di daratan Flores, Sumba dan NTT pada umumnya. Bawa kabar gembira ini kepada yang lain,” tutur Taneo.

Beberapa sekolah yang terlibat diantaranya: Pertama, Kab. Belu terdiri dari: SDK St. Theresia Atambua II tim A. SDI Tu 2. Kedua, Kab. TTU: SDK Kefamenanu 1 Tim A, SDK Kefamenanu 1Tim B.

Ketiga, Kab. TTS: SD GMIT Soe II tim A, SDI Sekip Soe tim A, SDI Soe tim A, SDI Nifuboko tim A. Kempat, Kab. Kupang: SDI Noelbaki tim A, SDI Noelbaki tim B, SDI Kayu Putih 5. Kelima, Kab. Flores Timur: SDK Sarotari, SDK Waiklibang.

Kenam, Kota Kupang: SD NCIPS tim A, SDK Don Bosko 1 tim A, SDK St. Yoseph 3 tim A, SDK Hosana tim A, SDK Don Bosco 2 tim A, SDK St.Yoseph 2 tim A, SD Don Bosco 4 tim B, SD Don Bosco 4 tim C,  Sekolah Dian Harapan Kupang tim A, SDN Angkasa tim B, SDK Generasi Unggul. (Ayu Sidin/BJ/VoN)

 

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Warga Desa Tengatiba Konsumsi Air Keruh dan Bau

Mbay, Vox NTT-Warga desa Tengatiba, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo terpaksa harus mengonsumsi air kali …