Home / Berita Terkini / Bersama Pustekom, Dinas Pendidikan SBD Gelar Pelatihan TIK untuk Guru
Kadis Pendidikan SBD, Yohana Linu Lango (Foto: AH)

Bersama Pustekom, Dinas Pendidikan SBD Gelar Pelatihan TIK untuk Guru

Tambolaka, Vox NTT- Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Barat Daya bekerja sama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan kebudayaan (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemedikbud) menggelar pelatihan Fasilitasi Guru Terampil Dalam Memanfaatkan TIK Berbasis Radio, Televisi dan Film Untuk Pendidikan.

Sedikitnya 50 guru SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Sumba Barat Daya ikut dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari, terhitung sejak hari ini hingga esok, Jumat (06/10/2017) di Aula biara SVD Weetabula.

Kordinator kegiatan, Wens Sedan kepada media ini mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk merangsang para guru dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) selama kegiatan mengajar di sekolah.

Hal ini jelas Sedan, mengacu pada perintah UU No. 14 Tahun 2015 Tentang Guru dan Dosen, bahwa guru harus mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.

Peserta Kegiatan (Foto: AH)

Sedan menjelaskan, era sekarang para siswa/i telah mengerti perkembangan dan mereka cenderung mengikuti arus perubahan.

Dia mengklaim, mereka (Siswa/i) mampu menggunakan teknologi dengan belajar sendiri bahkan tidak sebanding dengan banyaknya guru yang tahu dan memahami IT.

“Banyak guru di kabupaten SBD belum begitu memahami pembelajaran berbasis IT. Karen itu, kiranya dengan kegiatan ini dapat membawa pemahaman baru bagi para guru, serta jalan untuk meningkatkan kompetensi,” ungkapnya.

Sementara Kadis Pendidikan Kabupaten Sumba Barat Daya, Dra. Yohanna Lingu Lango Saat diwawancarai media ini mengatakan, pada era globalisasi sekarang ini sudah tidak ada lagi jurang pemisah antara benua yang satu dengan benua lainnya, antara negara satu dan negara lainya, antara pulau yang satu dan pulau yang lainya sebagai akibat dari kemajuan teknologi komunikasi dan informasi.

Pengajar dari Pustekom saat berpose bersama Kadis Pendidikan SBD. (Foto: AH)

“Setiap orang di belahan bumi manapun dapat menyaksikan siaran televisi yang di siarkan oleh stasiun televisi manapun,” ujar Yohana.

Sehingga lanjut Yohana, siaran televisi seakan-akan sudah merupakan kebutuhan pokok dan system kehidupan local.

Lebih lanjut Yohana menegaskan, siaran televisi sebagai mesti mejadi media audio visual yang sangat potensial untuk dapat dijadikan guru sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah.

Kepada para peserta dia berpesan agar selalu meningkatkan kompetensi dan dan keilmuan, khususnya dalam menunjang kualiatas pendidikan di Kabupaten Sumba Barat daya, sehingga dapat bersaing dengan daerah lainya.

Selain itu, dia juga berharap dengan menyimak, mengikuti dan memanfaatkan kegiatan ini dengan baik peserta dapat memahami serta mengimplementasikan ilmu yang di peroleh selama pelatihan, sehingga dapat memberikan input yang positif bagi kegiatan belajar mengajar di daerah, tempat tugas masing-masing.

Yohana juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pustekkom karena telah memberikan perhatian serta mengalokasikan anggaran dan kegiatan untuk pendidikan di SBD.

Sekedar diketahui, pemateri dalam kegiatan ini adalah tim IT dari Pustekkom Kemendikbud. (AH/BJ/VoN)

 

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

ROMA Bakal Hemat Anggaran Mulai dari Bupati dan Wakil Bupati

Maumere, Vox NTT- Pasangan calon bupati dan wakil bupati Sikka dari jalur independen, Robi Idong …