Suasana pelatihan media komunitas oleh fasilitator kecamatan Fatuleu

Kupang, Vox NTT-Sebanyak 50 orang dari 9 desa dan 1 kelurahan di kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang mengikuti kegiatan pelatihan pengembangan media komunitas di aula Kantor Camat Fatuleu, Selasa (21/11/2017).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Fasilitator Program Pelayanan Sosial Dasar Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) dari kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Gabriel Malek, fasilitator kecamatan Fatuleu mengatakan media komunitas merupakan wadah komunikasi dari, oleh dan untuk masyarakat yang akan berfungsi sebagai sarana komunikasi antar warga.

Fasilitator kecamatan Fatuleu Program Generasi Sehat dan Cerdas , Gabriel Malek,SH

Sarana komunikasi ini menurutnya sangat penting dalam menyuguhkan informasi terbaru mengenai kegiatan yang sedang dan akan dilakukan warga desa.

Selain itu kehadiran media komunitas juga dapat menjadi ruang transaksi ide dan gagasan antar warga dalam membangun desa, mengontrol dan melakukan evaluasi.

“Melalui pelatihan ini, warga desa diharapkan mampu memantau program atau kegiatan yang didanai oleh dana desa sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung masyarakat” ungkap Gabriel kepada VoxNtt.com, melalui pesan WhatsApps, Selasa (21/11/2017).

Gabriel menambahkan melalui kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 21 November  sampai 22 November 2017 ini merupakan wujud komitmen GSC Kecamatan Fatuleu dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana desa agar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Dana desa harus dipantau dan diberitakan. Ke depan kami terus mendampingi warga agar kehadiran media komunitas ini dapat berjalan sebagaimana fungsi dan tujuannya” pungkasnya.

Kontributor: Andre J

alterntif text