Home / Berita Terkini / Meski Jarang Masuk Sekolah, Guru Komite di SMPN 5 Poco Ranaka Tetap Terima Gaji Bosda
Ilustrasi

Meski Jarang Masuk Sekolah, Guru Komite di SMPN 5 Poco Ranaka Tetap Terima Gaji Bosda

Borong, Vox NTT- Dua orang oknum guru komite di SMPN 5 Poco Ranaka tepatnya di Kampung Wohang,  Desa Benteng Rampas, Kecamatan Poco Ranaka Timur dikabarkan jarang ke sekolah.

Namun, keduanya tetap menerima honor bos daerah (Bosda) yang bersumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur (PK Matim).

“Mereka hanya tiga kali dalam enam bulan ke sekolah. Bahkan kalau mau terima gaji pergi mengajar,” demikian kata masyarakat setempat kepada VoxNtt melalui telepon, Senin (18/12/2017) petang.

Sumber yang enggan namanya dimediakan itu menambahkan dua oknum guru tersebut adalah anak dan menantu dari Kepala Sekolah SMPN 5 Poco Ranaka, Petrus Damar.

Keduanya  oknum guru  tersebut berinisial KN dan SHA.

“Keduanya diatur untuk mengajar mata pelajaran  Agama dan Bahasa Inggris. Akibatnya ada guru yang dikorbankan karena harus ganti jam mengajarnya,” tukas sumber itu.

Sebagai masyarakat, dirinya mempertanyakan soal kebijakan itu. Tugas dan kewajiban guru adalah mengajar dan haknya mendapatkan upah.

Namun, di SMPN 5 Poco Ranaka antara tugas dan kewajiban tidak jalan seimbang.

“Ko mengajar 2 sampai 3 kali dalam 6 bulan masih terima honor Bosda. Ini kan aneh,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala sekolah  SMPN 5 Poco Ranaka,  Petrus  Namar kepada VoxNtt melalui telepon selulernya membantah informasi  yang  disampaikan masyarakat itu.

Dia menuturkan, terkait  masuknya  dua orang guru  yang adalah anak dan menantunya tersebut  merupakan kebijakan  yang telah disepakati bersama komite sekolah.

“Komite sekolah ini masih cukup kuat untuk  membiayai guru  komite,  makanya kita menambah dua guru itu. Sejauh ini tidak ada yang dikorbankan. Jam mengajar sudah diatur,” tutur Petrus.

Ia enggan berkomentar soal dua orang guru di sekolahnya yang jarang ke sekolah tetapi tetap terima Bosda.

Penulis: Nansianus Taris
Editor: Adrianus Aba

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

NasDem Target Raup 6 Kursi di DPRD Mabar

Labuan Bajo, Vox NTT- Sama seperti partai lainnya, NasDem Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) juga telah …