Tuesday , January 23 2018
Home / Berita Terkini / Puluhan Mahasiswa asal Insana Melakukan Reboisasi di Desa Unini
Para mahasiswa asal Insana dan masyarakat Desa Unini berpose bersama usai kegiatan penanaman anakan. (Foto: Eman Tabean)

Puluhan Mahasiswa asal Insana Melakukan Reboisasi di Desa Unini

Kefamenanu,Vox NTT- Sekitar 40an mahasiswa yang berasal dari lima kecamatan yang merupakan Swapraja Insana yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pelajar Insana (IMAPI) Kupang dan Ikatan Mahasiswa Insana (IMANSA) Kefamenanu menggelar reboisasi di sumber mata air Oesublele, Desa Unini, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU, Jumat (29/12/2017).

Pantauan media ini, dalam aksi penghijauan yang dilaksanakan sejak Pukul 09.00 – Pukul 12.00 Wita itu tampak para mahasiswa yang dibantu oleh masyarakat desa setempat begitu antusias menanam anakan pohon mahoni yang disediakan oleh masyarakat.

Perwakilan mahasiswa, Isto Haukilo saat diwawancarai VoxNtt.com di sela-sela kegiatan mengungkapkan, kegiatan yang digelar ini bertujuan untuk melestarikan ketersediaan air pada sumber mata air Oesublele.

Selain itu jelas Isto, kegiatan ini juga merupakan bagian dari partisipasi kaum muda asal Insana untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Kita berupaya semaksimal mungkin agar bisa memanfaatkan musim hujan yang ada untuk melakukan penghijauan. Ini upaya kita agar dapat menjaga kelestarian lingkungan,” ungkapnya.

Isto berharap, anakan pohon yang ditanam dapat dijaga dan dipelihara oleh masyarakat, demi terjaganya ketersediaan air di sumber mata air Oesublele.

Sementara itu, salah seorang perwakilan masyrakat Desa Unini, Lambertus Fatin saat dimintai tanggapannya mengaku sangat berterima kasih atas ide dan niat baik dari para mahasiswa untuk melakukan kegiatan reboosasi tersebut.

Dirinya berharap agar kedepannya kegiatan-kegiatan positif seperti dapat dilakukan secara berkontinue demi mendukung program pembangunan yang sementara digalakkan oleh pemerintah setempat.

“Terimakasih banyak sudah bersedia datang untuk bersama-sama dengan kami lakukan penghijauan, anakan pohon yang sudah ditanam pasti akan kami jaga dan pelihara dengan baik,” ungkap Lambert.

Penulis: Eman Tabean

Editor: Boni Jehadin

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Kades Alas Utara Dilaporkan ke Kejari Belu

Atambua, Vox NTT-Sejumlah warga Desa Alas Utara, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka mendatangi Kejaksaan Negeri …