Home / Berita Terkini / Tahun 2018, Rp 136 Miliar Dana Desa Mengalir ke TTU
Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes, S.Sos

Tahun 2018, Rp 136 Miliar Dana Desa Mengalir ke TTU

Kefamenanu,Vox NTT-Pada tahun 2018 ini, sebanyak Rp 136 miliar dana desa akan mengalir ke Kabupaten TTU.

Dana bantuan dari pemerintah pusat tersebut akan digunakan untuk pembangunan di-161 desa yang tersebar di kabupaten tersebut.

Selain itu, pada tahun 2018 ini Pemda TTU juga telah mengalokasikan dana Rp 66 miliar yang akan disalurkan dalam bentuk alokasi dana desa (ADD) bagi seluruh desa.

“Tahun 2018 ini dana desa untuk Kabupaten TTU ada Rp 136 miliar dan juga dari APBD sendiri kita alokasikan Rp 66 miliar untuk ADD,” jelas Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes saat ditemui media ini di kediamannya, Sabtu (20/01/2018).

Kobes menjelaskan, dari 183 desa di TTU hanya 161 yang akan mendapatkan dana desa pada tahun 2018 ini.

Pasalnya, jelas mantan camat Kota Kefamenanu tersebut, 22 desa lainnya merupakan peralihan dari kelurahan sehingga masih perlu dilakukan kodevikasi .

“Hanya 161 desa saja yang dapat dana desa tahun ini, 22 lainnya karena kemarin baru peralihan dari kelurahan makanya masih harus dilakukan kodevikasi dulu,” jelas Wakil Bupati TTU dua periode tersebut.

Kobes pada kesempatan tersebut juga mengakui bahwa pengelolaan dana desa di banyak desa di Kabupaten TTU belum sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hal tersebut disebabkan oleh minimnya sumber daya manusia di desa yang dapat mengelola dana desa dengan baik.

“SDM orang di desa kita yang masih kurang makanya pengelolaan dana desa banyak yang belum sesuai dengan harapan. Makanya saya sudah bertemu dengan fasilitator kabupaten untuk bisa dengan pendamping lokal desa memberikan pendampingan yang maksimal bagi pemdes dalam pengelolaan dana desa,” jelasnya.

 

Penulis: Eman Tabean
Editor: Adrianus Aba

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Politisi Hingga Artis Nasional Akan Hadir Kampanye Akbar Paket MJ

Ende, Vox NTT-Para politisi nasional akan ditampilkan sebagai juru kampanye (jurkam) pada kampanye akbar paslon …