Masyarakat dan TNI sedang memasang jembatan darurat di jalur utara Flores setelah diterjang banjir (Foto: Doc. TNI 1602 Ende)

Ende, Vox NTT-Hujan deras yang mengguyur di wilayah Utara Pulau Flores menyebabkan akses jalan penguhung Ende-Maurole putus total.

Putusnya jalur lintas Utara tersebut dikabarkan cukup parah sehingga kendaraan tidak dapat dilalui.

Peristiwa alam ini terjadi di perbatasan Desa Ululada dan Desa Keliwumbu, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, Rabu (14/02/2018) sekitar Pukul 16.00 Wita.

Masyarakat setempat bersama TNI dari Babinsa Ramil 1602-04 Maurole, Sertu Tanesi, Sertu Ambry, Serda Berno, Kopda Saherman Ibrahim dan Kopda Buton kemudian melakukan cara alternatif dengan memasang jembatan darurat khusus pejalan kaki.

Sedangkan, kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat dikabarkan tidak dapat dilalui.

Kanis, salah seorang warga setempat mengaku tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya akses jalan terhambat karena kondisi jalan benar-benar putus.

Ia bahkan memberi apresiasi kepada TNI dan warga setempat yang telah sigap membangun jembatan untuk pejalan kaki.

“Kalau motor dan oto (mobil) tidak bisa lewat. Yah, benar-benar putus. Kita terima kasih untuk tentara dan masyarakat disini yang sudah bangun jembatan kecil,” katanya terpisah.

“Petugas dari PU belum datang. Yah, kita berharap bisa respon lebih cepat,” ucap Kanis.

Sementara seorang sopir, Robert Guru berharap, pemerintah dapat lebih cepat untuk menanggulangi bencana alam di jalur utara Flores. Menurut dia, hal tersebut dapat menghambat akses jalan kendaraan.

“Pasti sampai satu minggu kita terdampar di sini. Kita tidak bisa lewat. Lebih cepatlah,” kata Robert menghubungi VoxNtt.com.

Penulis: Ian Bala
Editor: Adrianus Aba

alterntif text