Home / Berita Terkini / Pelajar SMA St. Maria Iteng Mereguk Ilmu di Wae Rebo
Para siswa berpose di halaman kampung tradisional Wae Rebo (Foto: Arnol)

Pelajar SMA St. Maria Iteng Mereguk Ilmu di Wae Rebo

Alam dan budaya merupakan sebuah buku pelajaran yang selalu mengundang orang untuk menimba. Alam menyimpan sejuta pengetahuan di dalamnya bagi setiap penghuni bumi ini.  

Ruteng, Vox NTT-Kalimat ini menjadi landasan bagi 104 Pelajar kelas XII Sekolah Menengah  Atas Katolik  St. Maria Iteng berkunjung ke aset wisata budaya Waerebo, Sabtu  17 Februari  2018 lalu.

Kegiatan kujungan ini merupakan bagian dari proses pembelajaran tentang alam dan budaya manusia di dalamnya.

Romo Benyamin Jegaut, Pr,  selaku kepala sekolah  menjelaskan bahwa kegiatan kunjungan ini merupakan bagian dari proses pembelajaran bagi siswa.  

“Diharapkan siswa bisa mengenal alam yang ada di sekitarnya. Dengan itu mereka bisa menjadikan alam sebagai objek dan sumber pembalajaran. Sebab darinya, mereka dapat menemukan informasi dan pengetahuan,” ungkap Romo Benyamin.

Lebih lanjut, Romo Benyamin menegaskan kunjungan ini merupakan wujud kecintaan generasi muda terhadap warisan leluhur.

Waerabo merupakan sebuah kekayaan budaya Manggarai yang mesti dipelajari oleh siswa. Berharap setelah kunjungan ke tempat ini,  mereka bisa menghargai dan mencintai warisan budaya dan leluhur yang ada. Dengan itu, mereka tidak lagi menjadi orang asing di tengah budaya dan warisan leluhur mereka,” kata Romo.

Sementara itu, Efremia Modesta, Siswi Kelas XII IPS B mengungkapkan rasa bahagianya pada tempat  tersebut.

“Kampung Wae Rebo  sangat menarik. Udaranya pun sangat segar. Hal ini membuat kami menikmati perjalanan wisata ini. Apalagi, perjalanan ini memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi kami,” Ungkap Regina. 

Bapak Alexander Ngadus selaku ketua Adat setempat merasa bahagia atas kunjunga para pelajar SMAK St. Maria Iteng.

“Senang sekali atas kunjungan dari anak-anak ini. Saya merasa bahagia atas kemauan dari anak-anak untuk  belajar tentang alam dan budaya manggarai,” pungkasnya.

Desa Wae Rebo di Manggarai, Flores yang terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini layaknya sebuah surga yang  berada di atas awan.

Perlu perjuangan untuk bisa mencapainya, namun apa yang didapat ketika sampai ke lokasi sebanding dengan perjalanan yang dilalui.

Pemandangan alam berupa gunung-gunung berpadu dengan 7 rumah adat berbentuk kerucut akan memberi kesan tersendiri bagi setiap pengunjung ynag pernah datang ke Desa Wae Rebo.

Kontributor: Arnol Jemadu

Editor: Boni J

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

IRI Gelar Training Bakal Calon Legislatif

Kupang, Vox NTT- International Republican Institute (IRI) menggelar training khusus bakal calon legislatif DPR RI, …