Usai kampanye terbatas di Wewaria, calon wakil bupati Ende, H. Djafar Haji Achmad menyerahkan bunga kepada calon bupati Marsel Petu sebagai simbol persatuan, kerukunan dan persaudaraan dalam membangun Kabupaten Ende yang lebih baik (Foto: Ian Bala/Vox NTT)

Ende, Vox NTT-Warga Kecamatan Wewaria berpartisipasi menghadiri kampanye terbatas oleh pasangan Marsel-Djafar pada Jumat, (02/03/2018). Mereka datang untuk mendengar program lanjutan pasangan incumbent ini.

Dalam acara itu, warga nyatakan mendukung paket Marsel-Djafar karena beberapa program pembangunan sudah terealisasi. Mereka menilai, pasangan ini tidak hanya sedekat janji tapi sudah dilaksanakan secara nyata dan dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Ende.

Kurang lebih seribu masyarakat yang memeriahkan kampanye tersebut juga menyatakan menolak isu suku, agama, ras dan golongan. Mereka menegaskan bahwa Ende sebagai kota Pancasila mesti sudah mengamalkan nilai-nilai yang terkandung.

“Kami sepakat tolak isu-isu yang sesat. Kami sudah mengetahui ada kelompok-kelompok sesat yang menyebarkan isu suku dan agama. Kami tegaskan, kami tolak,” kata Mathias dan warga lain yang mengaku nama Frans di sela-sela kampanye.

Selain isu sara, warga juga menolak isu-isu lain yang menyesatkan termasuk isu korupsi yang menyebar di media facebook. Mereka menilai, hal itu hanya dilakukan orang ataupun kelompok untuk melunturkan nilai-nilai politik.

“Kami tidak percaya sejauh lembaga hukum yang resmi belum mengumumkan. Kan tidak ada bukti. Selama ini hanya ada orang-orang ngaku-ngaku begitu. Tidak, kami tidak percaya,” tambah Frans mengaku pernah pantau di medsos facebook.

Mereka justru mendukung untuk beradu visi dan misi serta program kerja untuk membangun Ende Lio Sare Pawe.

“Kita mendukung dan coba paparkan program. Pembangunan seperti apa yang harus dibuat ke depan,” tambah dia lagi.

Sementara politisi asal Wewaria, Arminus Wuni Wasa menegaskan, saat ini masyarakat sudah merasakan pembangunan. Pembangunan yang disebut Arminus adalah infrastuktur jalan, jembatan, air dan listrik.

“Bapak ibu dukung yang kerja atau yang janji. Mari kita mendukung program-program kerja nyata. Kita semua sudah lihat, kita semua sudah sama-sama merasakan,” kata politisi Partai Demokrat ini dalam orasi politik.

Hal serupa juga diucapkan Yohanes Pela. Ia mendukung langkah masyarakat menolak sejumlah isu yang menyesatkan.

Politisi Partai Golkar ini berjanji untuk memenangkan pasangan Marsel-Djafar di Kecamatan Wewaria.

“Dulu kita kalah disini. Tapi kali ini kita harus berbalik dan mendukung figur yang benar-benar membangun Ende,” katanya.

 

Penulis: Ian Bala
Editor: Adrianus Aba

alterntif text