Home / Berita Terkini / Data Pemilih di Manggarai Disinyalir Bermasalah
Ilustrasi data pemilih

Data Pemilih di Manggarai Disinyalir Bermasalah

Ruteng, Vox NTT- Data pemilih untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT di Kabupaten Manggarai disinyalir bermasalah.

Pemicunya lantaran hingga kini dikabarkan Sistem data pemilih (Sidalih) sedang bermasalah.

Padahal Sidalih sangat berperan penting untuk memastikan keakuratan data pemilih yang didata oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) lewat proses pencocokan dan penelitian (coklit).

Beberapa sumber kepada VoxNtt.com mengatakan, jika Sidalih bermasalah maka data pemilih bisa berpotensi amburadul.

Masalah-masalah tersebut antara lain; identitas orang yang sudah meninggal, pemilih di bawah umur dan sudah pindah penduduk masih terekam di Sidalih.

Potensi masalah lain yakni pendataan pemilih disabilitas tidak akurat dan adanya pendobelan nama.

Anggota DPRD Manggarai dari Dapil Cibal-Reo Yoakim Jehati mengatakan, hingga kini data pemilih disinyalir bermasalah. Itu terutama di Kecamatan Cibal.

Di salah satu kecamatan bagian utara kota Ruteng itu, kata Yoakim, masih banyak warga yang belum terdata oleh PPDP saat coklit beberapa waktu lalu.

Karena itu, dia mengharapkan agar KPU Kabupaten Manggarai segera melakukan perbaikan data pemilih sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Terpisah, Penanggungjawab Divisi Data Pemilih Kabupaten Manggarai Yanto Gampung menyatakan, ketika membandingkan data pemilih manual dengan yang ada di Sidalih memang ada selisih.

Hingga kini KPU Kabupaten Manggarai sendiri belum bisa memastikan berapa total selisih antara data pemilih manual yang didata oleh PPDP dan yang ada di Sidalih. Hal itu lantaran masih dalam proses rekapitulasi data pemilih tingkat Kabupaten Manggarai.

Yanto membantah saat ini data pemilih di Manggarai amburadul akibat Sidalih bermasalah.

“Tergantung data-data yang dikirim dari kabupaten. Jika data-data yang dikirim mengikuti format Sidalih tidak masalah. Masalah terjadi kalau data-data yang kami kirim tidak sesuai format dan ketentuan Sidalih,” ujar Yanto saat dikonfirmasi VoxNtt.com melalui pesan WhatsApp, Senin (12/03/2018).

Untuk Kabupaten Manggarai sendiri lanjut dia, data pemilih masih aman. Semua proses apload data sudah dilakukan.

Hingga kini KPU Kabupaten Manggarai sedang menunggu hasil olahan data Sidalih yang sudah diapload menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan diharapkan sesuai jadwal.

“Langkah kami, kami akan memilih. Jika data Sidalih sudah ada maka kami gunakan data Sidalih. Tapi jika data pemilih belum ada, kami gunakan data manual,” ujar Yanto.

Selanjutnya menurut Yanto, KPU Kabupaten Manggarai akan mengecek ulang data pemilih hasil coklit PPDP di Sidalih.

 

Penulis: Adrianus Aba

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

ROMA Bakal Hemat Anggaran Mulai dari Bupati dan Wakil Bupati

Maumere, Vox NTT- Pasangan calon bupati dan wakil bupati Sikka dari jalur independen, Robi Idong …