Home / Berita Terkini / Simpatik pada BKH, Ini Harapan Nelayan Krokowolon kepada Harmoni
Taharudin sedang menjemur ikan halus hasil tangkapannya (Foto: Are de Peskim)

Simpatik pada BKH, Ini Harapan Nelayan Krokowolon kepada Harmoni

Maumere, Vox NTT- Nelayan Krokowolon, Desa Waira, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka menyatakan bersimpati pada calon gubernur NTT dari paket Harmoni, Beny Kabur Harman (BKH).

Salah satu nelayan yang ditemui VoxNtt.com, Taharudin berharap pasangan Benny K Harman dan Benny A Litelnoni (Paket Harmoni) dapat memperhatikan nasib nelayan kecil bila terpilih memimpin NTT lima tahun ke depan.

Pria 33 tahun yang akrab disapa Tahar ini sudah mendukung BKH sejak Pilgub 2013 lalu.

“2008 itu kan BKH tidak bisa lolos. Kalau 2013 BKH-Nope juga saya sudah dukung,” terangnya saat ditemui di kediamannya, Rabu (18/04/2018).

Dirinya mengaku tidak sendirian. Nelayan dan masyarakat pesisir di sekitar tempat tinggalnya adalah pendukung Harmoni.

Terkait kebutuhan nelayan, Tahar menekankan pentingnya perlindungan terhadap profesi yang bekerja mencari ikan di laut itu.

“Kalau di laut bisa saja ada kecelakaan, perahu rusak atau tenggelam. Kami dengar ada asuransi untuk nelayan tetapi kami belum dapat,” ungkapnya.

Selain itu, banyak juga nelayan yang kesulitan peralatan. Ada bantuan dari pemerintah namun tidak tepat sasaran.

“Ada yang melaut serabutan didata sebagai nelayan sementara kami yang setiap hari melaut dan menyandarkan hidup sebagai nelayan tidak terdata. Akibatnya banyak bantuan tidak tepat sasaran,” tandas Tahar.

Menurut pria yang juga mahir membuat perahu tersebut, hal terpenting yang dibutuhkan nelayan adalah perahu dan alat tangkap.

Namun, akan lebih bagus lagi bila perempuan-perempuan nelayan juga difasilitasi pelatihan mengolah hasil laut menjadi aneka makanan dan subsidi modal untuk usaha.

 

Penulis: Are de Peskim
Editor: Adrianus Aba

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

PSI Sebut Perekrutan THL di Matim Sarat Nepotisme

Borong, Vox NTT-Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia Manggarai Timur (PSI Matim), Pankrius Purnama menyebut perekrutan …