Ilustrasi

Bajawa, Vox NTT-Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ngada menggelar lokakarya mini di Puskesmas Waepana, Kecamatan Soa, Kamis (26/04/2018).

Sekretaris Dinkes Kabupaten Ngada Jack Yoseph Mawo dalam pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, lokakarya mini lintas sektor harus dijadikan moment evaluasi bagi semua komponen yang ada di puskesmas.

Semua peserta lokakarya mini, kata dia, harus fokus pada pembahasan ke-12 standar pelayanan maksimal puskesmas sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2016. Permenkes ini tentang standar pelayanan minimal kesehatan.

Standar itu yakni, pelayanan ibu hamil, ibu bersalin, bayi baru lahir, balita, anak usia pendidikan dasar, usia produktif dan orang dengan usia lanjut.

Standar lain yakni; pelayanan kesehatan pada penderita hipertensi, diabetes melitus, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), penderita tubercolosis, penderita HIV/AIDS.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Waepana Etty Kromen mengatakan, sebelum memasuki kegiatan lokakarya mini pihaknya telah melakukan pra- lokakarya dan sudah berpikir tentang rencana kerja anggaran dan kesepakatan rencana tindak lanjut.

 

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Adrianus Aba

alterntif text