Panorama sunset di Kampung Robek (Foto: Adrianus Aba)

Ruteng, Vox NTT- Di Manggarai, Nusa Tenggara Timur ada banyak spot untuk bisa menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset.

Salah satu tempat yang mungkin belum jamak di mata wisatawan yakni Kampung Robek, Desa Robek, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai.

Untuk menuju Kampung Robek, dari Kota Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai membuntuhkan perjalanan tiga jam dengan kendaraan. Jarak tempuhnya sekitar 90 kilometer ke arah utara dari kota Ruteng.

Di salah satu kampung Manggarai bagian utara ini, ternyata memiliki panorama sunset dengan keindahan yang eksotis.

Dua orang anak sedang berada di spot melihat sunset di Kampung Robek (Foto: Adrianus Aba)

Persis di halaman Gereja Katolik Paroki St. Thomas Morus Robek yang berlokasi di atas bukit, Anda dengan bebas berkencan bersama langit kemerahan saat matahari berada di garis terbarat cakrawala.

Pada spot ini, mata Anda dimanjakan dengan lukisan langit senja yang persis berada di atas laut Flores, bagian utara Manggarai.

Angin sepoi-sepoi di halaman gereja Paroki Robek ini tentu saja membuat Anda betah berkencan dengan sunset selama kurang lebih satu jam, hingga matahari benar-benar terbenam.

Terpantau VoxNtt.com belum lama ini, sunset di Kampung Robek mulai memancarkan keindahannya sekitar pukul 16.30 hingga 17.30 Wita.

Salah seorang sedang memotret sunset di Kampung Robek (Foto: Adrianus Aba)

Selain panorama sunset nan indah, dari halaman gereja Paroki Robek ini Anda juga disuguhkan dengan panorama laut Flores yang cukup tenang dan beberapa pantai di sekitarnya yang memiliki pasir putih kemilau.

Di Desa Robek ini juga terdapat Pantai Ketebe. Pesona pasir putih di bibir pantai ini sangat menjinakan mata.

Suara ombak yang menyapu bibir pantai bak desahan alami kala ombak bersentuhan dengan pasir.

Dengan hamparan laut yang biru kehijauan, sudah pasti memberikan sensasi tersendiri bagi Anda yang berkunjung ke Pantai Ketebe.

Hingga saat ini para wisatawan memang belum banyak yang mengunjungi Pantai Ketebe di jalur pantai utara (pantura) Flores tersebut.

Potret ke arah utara dari halaman Gereja Paroki Robek (Foto: Adrianus Aba)

Namun jika Anda melewati jalur Pantura, menyebut Pantai Ketebe pasti tak asing lagi bagi masyarakat di seputaran jalan negara itu.

 

Penulis: Adrianus Aba

 

alterntif text