Home / Berita Terkini / Peningkatan SDM Masyarakat Perbatasan Butuh Kerja Sama
Suasana dialog lintas batas RRI Atambua di Kampung Jokowi Desa Silawan (Foto: Marcel Manek/Vox NTT)

Peningkatan SDM Masyarakat Perbatasan Butuh Kerja Sama

Atambua, Vox NTT-Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat di perbatasan, peran dan kerja sama dengan semua pihak merupakan sebuah keharusan.

Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya peningkatan SDM masyarakat perbayasan, Satuan Tugas (Satgas) Pamtas RI-RDTL Sektor Timor Yonif 743/PSY menjalin kerja sama dengan RRI Atambua dan pemerintah Desa Silawan, serta sejumlah stakeholder di daerah perbatasan.

Disaksikan VoxNtt.com, Jumat (08/06/2018), di Kampung Jokowi, Desa Silawan, Kecamatan Taifeto Timur, Kabupaten Belu, dilaksanakan dialog lintas batas yang diselenggarakan RRI Atambua.

Dialogi itu secara khusus mengupas soal strategi untuk meningkatkan SDM masyarakat perbatasan agar berdaya saing terutama dalam hal ekonomi.

Kepala Desa Silawan, Ferdi Mones Bily sebagai salah satu narasumber mengatakan, pemerintah desa sebagai ujung tombak pelaku pembangunan sudah dan sedang bekerja untuk terus meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Disampaikannya, sebagai pemimpin yang wilayahnya berada di pintu batas RI-RDTL, dirinya sudah membuat sejumlah kebijakan yang berorientasi pada pengembangan SDM dan ekonomi, khususnya bagi para pemuda.

“Sesuai RPJMDes yang kami susun, sudah ada beberapa kebijakan yang dibuat untuk peningkatan SDM dan ekonomi masyarakat Desa Silawan. Namun hal yang harus terus diubah adalah pola pikir masyarakat. Ini artinya kita kembali lagi ke isu peningkatan SDM,” jelas Ferdy.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu menegaskan, pengembangan SDM masyarakat perbatasan perlu memperhatikan karakteristiknya. Itu terutama karakteristik masyarakatnya, sehingga apa yang ingin dikerjakan tidak berbenturan.

“Karakteristik masyarakat menjadi kunci yang harus diperhatikan dalam upaya melakukan pengembangan SDM,” tegas Marsianus.

Atase Pendidikan dan Kebudaayan RI KBRI Timor Leste, Sederco Melatunan yang hadir pada saat itu menyatakan, sebagai perwakilan pemerintah pusat di Timor Leste, dirinya sangat mendukung upaya peningkatan SDM masyarakat perbatasan.

Sebab hanya dengan demikian, masyarakat bisa bersaing khususnya dalam bidang ekonomi.

Hadir sebagai narasumber dalam dialog lintas batas dengan tema peningkatan kualitas SDM masyarakat perbatasan itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudaayan kabupaten Belu Marsianus Loe Mau, Komandan Satgas Pamtas RI-RDRL Sektro Timur Yonif 743/PSY Mayor Inf. I.Putu Tangkas Wiratawan, Atase Pendidikan dan Kebudaayan RI KBRI Timor Leste Sederco Melatunan, Perwakilan tokoh pemuda perbatasan Pastor Yoris Giri, Pr.

 

Penulis: Marcel Manek
Editor: Adrianus Aba

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Ruas Jalan Pau-Muwur Segera Dibangun

Ruteng, Vox NTT- Wilibrodus Kengkeng, anggota DPRD Manggarai mengatakan, ruas jalan Pau-Muwur di Kecamatan Rahong …