Para lansia di Desa Wololika sedang mendengarkan edukasi Kesehatan (Foto Arkadius Togo/ Vox NTT)

Bajawa, Vox NTT-Puskesmas Watu Kapu, Kecamatan Bajawa Utara, Kabupaten Ngada menggelar posyandu untuk para lanjut usia (lansia) di Desa Wololika, Minggu (10/06/2018).

Kepala Puskesmas Watu Kapu, Martinus V. Ndona mengatakan, kegiatan posyandu sangat penting bagi para lansia untuk memperhatikan status kesehatan dan mengatur pola hidup mereka.

Status kesehatan masyarakat lansia akan bisa dilihat dari parameter kesehatan melalui sejumlah kegiatan penting.

Kegiatan-kegiatan itu, kata Martinus, seperti; pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, pengukuran lingkaran perut, tensi darah, test asam urat, dan test gula darah.

“Melalui pengukuran ini bapa mama sekalian, kami bisa mengetahui status kesehatan bapa mama yang sudah lanjut usia,” ujar Martinus di depan para lansia dalam kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa Wololika itu.

Dia menambahkan, dalam kegiatan posyandu lansia di Desa Wololika ini juga diisi dengan diskusi keliling kesehatan. Selain itu, ada edukasi kesehatan tentang diabetes mellitus dan senam kebugaran lansia secara bersama.

Margreta Dhiu (69), salah seorang lansia kepada wartawan menyampaikan apresiasi kepada Puskesmas Watu Kapu yang sudah menggelar kegiatan posyandu tersebut.

Menurut Margretha, melalui kegiatan posyandu lansia ini mereka bisa mengetahui tekanan darah, berat badan, asam urat, dan kolesterol.

“Pak kami senang sekali dengan kegiatan posyandu lansia ini. Kami bisa tahu tekanan darah, asam urat dan kolestrol,” ujar Nenek Margretha.

Benediktus Ngozu (70), seorang lansia lain mengatakan, momen posyandu ini bisa bersua muka dan bertatap wajah dengan teman-teman seusianya.

Kata Kakek Benediktus, kegiatan posyandu lansia ini bisa untuk bercerita dan saling sharing.

“Posyandu lansia ini kesempatan bagi kami untuk refreshing. Kami saling cerita,” katanya dimintai tanggapan manfaat seputar kegiatan posyandu tersebut.

 

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Adrianus Aba

alterntif text