Illustrasi (Foto: Istimewa)

Ruteng, Vox NTT- Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Manggarai masih membuka pelayanan meski sedang libur Idul Fitri.

Kepala Disdukcapil Manggarai, Antonius Kanja kepada VoxNtt.com, Rabu (13/06/2018), mengatakan pihaknya tetap memberikan pelayanan KTP, Kartu Keluarga, akta dan administrasi kependudukan lainnya bagi masyarakat yang membutuhkan.

Itu terutama bagi warga berkebutuhan mendesak seperti mengalami sakit atau diopname di rumah sakit selama liburan Idul Fitri.

Administrasi kependudukan bagi mereka yang sakit, kata Kanja, menjadi prioritas pelayanan Disdukcapil Manggarai selama liburan.

Dia mengaku, pihaknya telah membagikan lima orang petugas setiap hari di Kantor Disdukcapil Manggarai untuk melayani warga yang sedang sakit.

Kanja menambahkan, berdasar hasil rapat internal Disdukcapil Manggarai, pelayanan administrasi kependudukan untuk anak-anak sekolah akan dibuka setelah liburan Idul Fitri.

Dihubungi terpisah, Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil di Disdukcapil Manggarai, Tiransius Kamilus Otwin Wisang, mengatakan, selama ini banyak KTP, Kartu Keluarga dan akta, serta administrasi kependudukan lainnya dilakukan secara kolektif dengan pelayanan mobile di desa-desa.

“Selama libur kami tetap melayani yang urgent misalnya urusan di rumah sakit,” kata Otwin Wisang.

Dia juga membenarkan selama libur Idul Fitri Disdukcapil Manggarai menempatkan lima orang setiap hari untuk tetap melayani warga berkebutuhan mendesak.

“Jadwal dibagi adil dan nama petugas ditempel di kantor,” ucap Otwin Wisang.

 

KR: Leonardus Jehatu
Editor: Adrianus Aba

alterntif text