Home / Berita Terkini / KONI Manggarai Tak Sumbang Turnamen Cibal Cup
Bupati Manggarai, Deno Kamelus dan Anggota DPRD NTT, Yeni Veronika pose bersama pemain saat pembukaan Turnamen Cibal Cup (Foto: Adrianus Aba/ Vox NTT)

KONI Manggarai Tak Sumbang Turnamen Cibal Cup

Ruteng, Vox NTT- Turnamen Cibal Cup digelar sejak 8 Juli-12 Agustus 2018 di Lapangan Bea Waja Pagal, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai.

Pertandingan sepak bola dalam rangka menyambut HUT RI ke-73 tahun 2018 itu melibatkan 32 tim di Kabupaten Manggarai.

Kabarnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Manggarai tidak terlibat dalam turnamen yang dijalankan selama kurang lebih 35 hari itu.

Sponsor utama kegiatan tersebut hanya Anggota DPRD NTT Yeni Veronika dan Anggota DPD RI Adrianus Garu. Ada pula sponsor lain berdasarkan laporan panitia yakni Bandung Utama Group (BUG), CV Motor Yamaha Yes Ruteng, dan Robert Soter Marut.

Padahal, informasi yang dihimpun VoxNtt.com, KONI memiliki tugas pokok merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan dan peningkatan prestasi atlet, kinerja wasit, pelatih dan manajer,guna mewujudkan prestasi keolahragaan daerah dan nasional.

Apalagi dalam Turnamen Cibal Cup dibuka langsung oleh Bupati Manggarai Deno Kamelus pada Minggu siang, 8 Juli.

Ketidakikutsertaan KONI Manggarai dalam sumbangan turnamen tersebut dibenarkan oleh Camat Cibal, Lorens Jelamat.

“Sebenarnya kami butuh dana besar, tapi KONI tidak kasih. Jawaban (KONI Manggarai) memang waktu itu tidak ada uang,” aku Lorens melalui telepon, Minggu sore.

Dia mengaku, pihaknya sudah bertemu Ketua Harian KONI Manggarai untuk membahas Turnamen Cibal Cup. Namun jawaban Ketua Harian KONI Manggarai, kata Lorens, tidak ada anggaran untuk turnamen dengan sistem setengah kompetisi tersebut.

Ketua KONI Tidak Boleh Masa Bodoh

Terpisah, Anggota DPRD Provinsi NTT Yeni Veronika yang juga salah satu sponsor Turnamen Cibal Cup mengaku aneh dengan sikap KONI Cabang Manggarai.

Padahal, kata dia, kehadiran KONI sudah memiliki tugas dan fungsi yang jelas. Dia harus bisa melakukan pembinaan, mendukung, termasuk mendanai seluruh jenis cabang olahraga

Apalagi sebut Yeni, Turnamen Cibal Cup langsung dibuka oleh Bupati Manggarai Deno Kamelus.

“Seharusnya KONI itu hadir karena KONI adalah bagian dari pemerintah. Nah, Ketua KONI dia tidak boleh masa bodoh,” tegasnya.

Baca Juga: Buka Turnamen Cibal Cup, Bupati Deno Minta KONI Rekrut Persim

“Ini bupati yang buka, KONI tidak ada kontribusi sedikit pun. Panitia sudah pergi menyampaikan itu, akan bawa proposal beliau (Ketua KONI Manggarai) menghindar. Waktu datang pertama mengaku tidak ada uang dan ini bukan hanya terjadi event di Cibal,” ujar Yeni dengan kesal.

Menurut dia, selama ini tampaknya KONI Cabang Manggarai tidak pernah terlibat dalam event olahraga apa saja di kabupaten itu. Terutama dalam rangka mendukung upaya pencarian bibit-bibit atlet yang nanti bisa dibina oleh setiap cabang olahraga.

Sebab itu, Yeni atas nama anggota dewan meminta Bupati Manggarai Deno Kamelus hendaklah memilih Ketua KONI yang berwawasan, mengerti, dan memiliki hobi dalam olahraga.

Sementara itu hingga berita ini dirilis, Ketua KONI Manggarai  Apri Latu Rake belum berhasil dikonfirmasi terkait ketidakikutsertaannya dalam Turnamen Cibal Cup.

 

Penulis: Adrianus Aba

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Duit Pembangunan Mall Pelayanan di Luar APBD 2018

Atambua, Vox NTT- Mall Pelayanan Publik yang sementara dibangun Pemerintah Kabupaten Belu dengan anggaran Rp …