Acara peresmian Bumdes Desa Boru Kedang pada Jumat (27/7) di halaman kantor desa Boru Kedang (Foto: Engky Ola)

Larantuka Vox NTT– M. Nurudin, Advisory kementrian desa mengapresiasi Badan Usaha Milik Desa dari Desa Boru Kedang, Kecamatan Wulanggita, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Apresiasi ini dikemukakan Nurudin saat sambutan sebelum peresmian Bumdes Desa Boru Kedang pada Jumat (27/07/2018) di halaman kantor desa Boru Kedang.

Desa Boru Kedang dinilai sukses mengembangkan usaha Bumdesnya melalui penyaluran pupuk bersubsidi dan pengembangan air minum dalam rupa galon air.

Secara pribadi dan juga mewakili bapak Eko Prasodjo, Menteri Kemendesa mengapresiasi kerja-kerja Bapak desa dan perangkat bersama dalam mengembangkan Bumdes.

“Hari ini saya mewakili pihak Kemendesa hadir di sini untuk secara resmi menyaksikan peresmian Bumdes Desa Boru Kedang sebagai penyalur pupuk bersubsidi,” ungkap Nurudin.

Nurudin juga menegaskan kepada pihak desa untuk tidak canggung-canggung menggelontorkan dana demi membantu petani dalam pengembangan usaha. Harapannya dengan menjadi pengecer pupuk bersubsidi para petani yang ada di 18 desa seputaran kecamatan Wulanggitang dan kecamatan Ile Bura dapat memanfaatkannya secara baik.

Darius Don Boruk, kepala desa Boru Kedang dalam kesempatan tersebut kepada voxntt.com mengemukakan bahwa dirinya memang getol dalam pembentukan Bumdes karena bukan tidak mungkin suatu waktu dana desa bisa saja dihentikan.

“Pada saat itulah kemandirian desa sudah saatnya hidup dan berlanjut” kata Darius.

Antonius Da Lopez, salah seorang petani dari desa Hokeng Jaya mengaku dirinya sangat berterima kasih karena dengan lahan pertaniannya seluas 10 ha dapat terbantu dengan pupuk yang disediakan di desa Boru Kedang.

“Tidak hanya pupuk tapi kami juga sudah menikmati kemasan galon air dari desa Boru Kedang,” demikan kata Antonius.

Penulis: Engky Ola Sura

Editor: Irvan K

alterntif text