Ende, VoxNtt.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Ende akan launching videotron dalam waktu dekat. Videotron yang dipasang di Lampu Lima tersebut akan digunakan untuk menginformasi pembangunan yang ada di wilayah Ende.

Demikian dituturkan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Pemda Ende, Kanisius Poto, kepada VoxNtt.com di ruang kerjanya, Jumat, (9/12/2016).

Kanis menjelaskan pemasangan teknologi informasi tersebut sudah hampir rampung dalam waktu yang tidak lama. Diperkirakan akhir pekan ini, pemasangan sistem akan segera selesai.

“Kalau tidak berhalangan, launching akan dilakukan malam minggu ini.” Ujar Kanis.

Ia mengatakan videotron yang dimanfaatkan sebagai media publikasi tersebut akan kerja sama dengan pihak ketiga. Karena volume yang cukup besar maka, tidak menutup kemungkinan dilakukan MoU dengan perusahan swasta atau pihak perbankkan.

“Jadi, yang berkeinginan untuk promosi produk-produk perusahaannya silahkan. Nanti kami akan lakukan dengan sebuah MoU dengan pembiayaan akan ditetapkan melalui peraturan daerah.” Katanya

Selain promosi produk perusahan swasta, tambah Kanisius, media publikasi seharga 783 juta akan diutamakan menginformasikan kegiatan-kegiatan Pemerintah Daerah dan kegiatan DPRD Ende. Selain itu juga akan mempromosikan kekayaan daerah seperti bidang pariwisata, produk lokal maupun pada bidang pendidikan.

“Pertama pasti mempublikasikan kepentingan daerah seperti kegiatan pemerintah dan anggota dewan. Kemudian akan promosi bidang pariwisata. Kalau iklan itu nanti sesuai kesepakatan seperti durasi tayang dan harganya.” Tutur Kanisius.

Tidak Tepat Sasaran

Sekretaris Forum Peduli Masyarakat Kecil (FPKM) Kabupaten Ende, Adrianus So, mengkritisi pengadaan videotron. Menurutnya, pengadaan media publikasi tersebut tidak tepat sasaran tetapi hanya menghabiskan anggaran daerah.

“Padahal masih banyak kekurangan di daerah pelosok. Mestinya yang harus diperhatikan kekurangan listrik, kekurangan air bersih, kekurangan infrastruktur. Masih banyak masyarakat yang belum sejahtera.” Kata Ardian.

Ia berharap, Pemerintah Daerah membangun sesuatu yang lebih prioritas sesuai dengan visi dan misi membangun dari desa dan kelurahan.

“Ada kecolongan-kecolongan dalam pembangunan tetapi tidak tepat sasaran. Sementara, pembangunan yang menjadi prioritas justru tidak nampak.  Nah, mestinya harus berjalan sesuai dengan visi dan misinya. Coba perhatikan, di desa-desa masih banyak yang belum bangun. Fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, infrastruktur jalan dan sebagainya belum kelihatan.” Ujar aktivis ini secara terpisah.**(Ian/VoN)

Foto Feature: Videotron di Lampu Lima, Kabupaten Ende yang akan dilaunching dalam waktu dekat (Foto: Ian)

 

alterntif text