Tembok penahan jalan ambruk di jalan negara Ruteng-Borong, dekat jembatan Wae Tegel Desa Sita, Kecamatan Rana Mese, Manggarai Timur

Borong, VoxNtt.com- Akibat ambruknya tembok penahan,  jalan negara Ruteng-Borong di dekat jembatan Wae Tegel Desa Sita, Kecamatan Rana Mese, Manggarai Timur terancam putus.

Berdasarkan pantauan wartawan, Jumat (17/2/2017), tembok penahan itu ambruk di bagian utara dan materialnya terserak di sekitar lokasi.

Ambruknya tembok ini akibat tanah yang menyangganya amblas terkikis arus Wae Tegel.

Belasius Lurus, warga yang ditemui di lokasi Jumat (17/2/2017) mengatakan kerusakan ini terjadi sekitar awal 2017. Namun, sampai saat ini belum diperbaiki.

“Ini rusaknya sekitarnya bulan kemarin pak. Pas waktu itu kan hujan. Tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda perbaikan”, katanya.

Selain faktor hujan, lanjut Lurus, ambruknya tembok ini juga disebabkan oleh faktor usianya yang sudah tua.

“Tembok ini sudah lama pak, sekitar dibuat 2010”, imbuhnya singkat.

Sedangkan Vitalis Jehait, pengendara sepeda motor yang ditemui di lokasi yang sama Jumat (17/2/2017) mengaku hati-hati jika melintas di titik ini. Ia takut celaka jika saat melintas jalannya putus.

“Saya pelan-pelan saja kalau lewat di sini. Takutnya kan pas lewat, jalannya putus”, katanya.

Penilik jalan negara Ruteng-Borong, Yohanes Gilbertus yang dikonfirmasi melalui telepon Sabtu (18/2/2017) mengaku tidak mengetahui hal tersebut. Dia berjanji akan turun ke lokasi untuk melihat langsung kejadian tersebut.

“Ambruk bagian mananya pak? Soalnya baru tahu e. Yang pasti saya akan turun ke lokasi esok”, katanya.

Kalau benar tembok penahan tersebut ambruk, lanjut Gilbertus, pihaknya akan berkordinasi dengan otoritas di atasnya agar kerusakan ini segera diperbaiki.

“Saya kordinasi dengan satker nanti, supaya segera diperbaiki”, imbuhnya. (Ano Parman/VoN).