Rm. Silvi Mongko

Borong, VoxNtt.com-Rohaniwan Katolik, Pastor Silvi Mongko, Pr menanggapi rancangan peraturan daerah (Ranperda) inisiatif DPRD Matim tentang perlindungan mata air.

Ia memandang ranperda ini sejalan dengan perjuangan Gereja Katolik dalam menjaga kelestarian lingkungan dan keutuhan ciptaan.

BACA: DPRD Matim Godok Perda Perlindungan Mata Air

Untuk itu, Pengajar Seminari Kisol ini meminta anggota dewan untuk berpikir integral dan menjauhi kepentingan politik sesaat. Hal ini penting agar ranperda ini bermanfaat untuk banyak orang.

“Ranperda ini baik karena mengatur soal perlindungan mata air yang merupakan kebutuhan dasar manusia. Karena itu, ranperda ini tidak boleh terikat dengan kepentingan politik sesaat,” katanya.

Jika terikat kepentingan sesaat, kata Romo Silvi, ranperda ini tidak akan berguna bagi banyak orang, tapi sebaliknya menguntungkan pihak tertentu yang tidak berkehendak baik terhadap alam.

Ia menegaskan alam itu mulia. Ia melindungi dan memberi apa saja yang dibutuhkan manusia. Hal ini, kata Romo Silvi, sudah diterangkan dalam Ensiklik Laudato Si Paus Fransiskus.

“Dalam ensiklik ini, alam itu disebut ibu yang menyusui kita dan saudari yang melayani kita setiap saat,” imbuhnya. (Ano Parman/VoN).

alterntif text