Ketua DPD PAN Mabar, Agustinus Ch Dula bersama pengurus DPD PAN Mabar sedang memungut sampah di pingir jalan umum menuju Pasar Batu Cermin

Labuan Bajo,Vox NTT– Sebagai bentuk dukungan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat  (Mabar), pengurus DPD Partai Amanat Nasional (PAN) daerah itu melakukan kegiatan berupa membersihkan sampah di sejumlah tempat umum di Labuan Bajo, Sabtu (18/3/2017).

Pantuan media ini, aksi pungut sampah ini dimulai dari kantor DPD PAN Mabar yang berlokasi Batu Cermin sampai di halaman Kantor bupati Mabar. Tempat yang menjadi target utama untuk dibersihkan itu adalah Pasar Batu Cermin. Kegiatan kebersihan ini dipimpin langsung oleh Ketua DPD PAN Mabar, Agustinus Ch Dula.

Agustinus Ch Dula kepada wartawan mengatakan aksi kebersihan ini adalah sebagai bentuk dukungan DPD PAN terhadap program Pemkab yang ingin mewujudkan Labuan Bajo sebagai Kota yang bersih. Selain itu, Labuan Bajo yang merupakan Kota Pariwisata ini, Partai Politik (Parpol) wajib mendukung program Pemkab Mabar yang menginginkan kota bebas sampah.

“Kita menginginkan agar Parpol lain di Mabar ini punya kepedulian yang sama seperti PAN Mabar terhadap persoalan sampah di Labuan Bajo,” kata Gusti Dula.

Baca: Bupati Dula Pungut Sampah Keliling Labuan Bajo

DPD PAN Mabar, kata Gusti Dula melalui aksi pungut sampah di tempat umum ini juga mau mengajak masyarakat di Labuan Bajo agar peduli terhadap sampah. Masyarakat harus memiliki kepedulian dan tanggungjawab agar Kota Labuan Bajo yang semakin ramai dikunjungi wisatawan ini menjadi kota yang bersih dan indah. Tentunya masyarakat harus menyediakan tempat sampah di masing-masing rumah. Tujuannya agar sampah tidak buang di sembarang tempat.

Sekertaris DPD PAN Mabar, Abdul Ganir mengatakan kegiatan pungut sampah merupakan kegiatan Baksi Sosial (Baksos) yang dilakukan oleh pengurus DPD, PAC Kecamatan Komodo, dan Fraksi PAN di DPRD Mabar. Untuk menciptakan Labuan Bajo sebagai kota yang indah seperti yang digalakan oleh Pemkab Mabar, maka DPD PAN Mabar tutun langsung ke tempat umum untuk memungut sampah.

“Satu sampah dapat menimbulkan beribu-ribu bencana. Oleh karena itu,kita ajak masyarakat Labuan Bajo melalui aksi kebersihan ini untuk peduli dengan permasalahan sampah di masing-masing halaman rumah,” ujar Ganir. (Gerasimos Satria/VoN)

alterntif text