Johnny G Plate saat sosialisasi UU Nomor 9 Tahun 2016 di Aula Ranaka-Kantor Bupati Manggarai, Kamis (4/5/2017)

Ruteng, Vox NTT- Anggota Komisi XI DPR RI, Johnny G Plate meminta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Manggarai tak boleh takut dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pasalnya, lembaga anti rasuah itu bukan tujuan negara tapi alat yang dipakai untuk mencegah dan memberantas korupsi uang negara.

“Jangan takut KPK. Sepanjang kita gunakan (dana) dengan baik, selama itu pula tidak ada masalah,” katanya di hadapan peserta sosialisasi UU Nomor 9 Tahun 2016 di Aula Ranaka-Kantor Bupati Manggarai, Kamis (4/5/2017).

Kata Plate, fenomena takut KPK ini terjadi di beberapa daerah. Akibatnya, banyak Pimpinan OPD tak berani mengambil keputusan besar karena khawatir dianggap korupsi.

Baca Juga: Johnny Plate Sebut AJB Bumiputra Belum Ada Dasar Hukum

“Saya berpesan dua hal. Pertama, agar pimpinan SKPD berani ambil keputusan agar dana-dana yang ada dapat diserap dengan baik. Kedua, dana yang terserap itu harus betul-betul dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat,” ujarnya.

“Beda dulu, kalau dananya diserap sesuai prosedur maka sudah selesai. Tapi sekarang lain. Walaupun sudah diserap sesuai prosedur tapi tidak bermanfaat bagi masyarakat bisa jadi masalah,” tegasnya. (Ferdiano Sutarto Parman/VoN).

alterntif text