Panitia revitalisasi SMK Sadar Wisata Ruteng pose bersama Dr. Agus Hery Supadmi Irianti, M.Pd

Ruteng, Vox NTT- Selama kurang lebih lima hari sejak tanggal 4-8 September 2017, SMK Sadar Wisata Ruteng Kabupaten Manggarai mendapat dampingan dari utusan Direktorat Pembinaan SMK, Dr. Agus Hery Supadmi Irianti, M.Pd dalam program revitalisasi.

Doktor Agus Hery mendampingi program revitalisasi SMK berfokus pada enam poin penting sebagai titik pencarian unggulan.

Keenamnya yakni, pengembangan dan penyelarasan kurikulum, inovasi pembelajaran, pemenuhan peningkatan profesionalitas guru dan tenaga pendidik, standarisasi sarana dan prasarana utama, pemuktakhiran program kerja sama industri, serta pengelolaan dan penataan kelambagaan.

Kepala SMK Sadar Wisata Ruteng, Wihelmus Bastian mengatakan proses dampingan tersebut menghasilkan sejumlah agenda prioritas yang segera dijalankan dalam waktu dekat.

Agenda-agenda prioritas yang ditentukan itu lahir dari proses pendampingan oleh Doktor Agus Hery dalam rangka program revitalisasi SMK.

“Dari enam poin penting itu, selama pendampingan kami sudah susun bersama agenda jangka pendek dan jangka panjang,” kata Wihelmus dalam sambutannya pada acara penutupan kegiatan persiapan revitalisasi SMK Sadar Wisata Ruteng, Jumat (8/9/2017).

Dia menjelaskan, agenda prioritas pertama yang dijalankan selama beberapa bulan ke depan yaitu persiapan akreditasi sekolah. Akreditasi tersebut menuju posisi B.

Kedua, peningkatan sumber daya guru produktif. Untuk memenuhi agenda ini, Wihelmus menyatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan magang guru di dunia usaha dan industri.

Ketiga, review kurikulum di bidang produktif. SMK Sadar Wisata akan menyesuaikan kurikulum nasional sesuai dengan dunia industri pariwisata.

“Kami akan melaksanakan pembelajaran di sekolah ini, sesuai dengan kebutuhan industri. Bila perlu kami nanti menghadirkan pelaku industri ke sekolah,” jelas Wihelmus.

Keempat, kegiatan penyelenggaraan teaching factory. Kegiatan ini adalah model pembelajaran di SMK berbasis produksi atau jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri. Model pembelajaran ini dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri.

Kelima, lanjut Wihelmus, pihaknya segera melakukan penataan lingkungan sekolah agar bersih dan sesuai dengan kebutuhan program revitalisasi.

“Saya jamin segera lingkungan sekolah ini standar ke depan. Kami sudah bangun WC berstandar hotel berbintang. Ini salah satu contoh penataan lingkungan sekolah,” ujar Wihelmus.

Keenam, pelaksanaan program pengelolaan edukasi hotel untuk mendukung kegiatan teaching factory.

Baca: Cari Program Unggulan, Doktor Agus Hery Dampingi SMK Sadar Wisata Ruteng

“Kami sangat yakin mendapat respon cepat setalah menjalankan agenda jangka pendek ini,” katanya.

Doktor Agus Hery dalam kesempatan acara penutupan tersebut berkomitmen agar selalu mengawalkan sekolah tersebut agar program revitalisasi berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan.

Menurut dia, setelah proses pendampingan terdapat beberapa kategori yang nantinya menjadi bagian dari respon pemerintah pusat atas pelaksanaan program-program prioritas unggulan di sekolah.

Kategori-kategori itu seperti, respon cepat, respon lambat, dan rombak total. Namun ia berkeyakinan SMK Sadar Wisata Ruteng mendapat respon cepat oleh pemerintah pusat dalam program revitalisasi SMK tersebut.

Sementara itu, Ketua Komite SMK Sadar Wisata Ruteng Hery Ngabut menyampaikan apresiasi kepada Doktor Hery Bagus yang dengan setia mendampingi panitia revitalisasi.

Hery Ngabut juga memuji kebijakan dan manajemen yang dibangun Kepsek Wihelmus, sehingga SMK Sadar Wisata Ruteng mampu mendapatkan murid yang begitu banyak.

Namun ia berharap, manajemen sekolah tidak hanya mengejar kuantitas tetapi harus mampu menunjukkan kualitas intelektual siswa, sehingga bisa menyerap di dunia industri dan bersaing di Perguruan Tinggi. (Adrianus Aba/VoN)

alterntif text