Kambing berkeliaran di kawasan Museum Tenun Ikat hingga ke Taman Bung Karno Ende, NTT (Foto: Ian Bala)

Ende, Vox NTT-Kawasan museum tenun ikat dan taman renungan Bung Karno di Kabupaten Ende, NTT sudah tidak terawat. Kawasan yang kerap dilakukan kegiatan kepemerintahan ini sudah dikuasai ternak kambing.

Pantauan media ini, Minggu (10/9/2017) siang, beberapa ekor kambing berkeliaran mencari makan di dua kawasan ini. Kambing masuk melalui pintu Taman Bung Karno persis depan kantor Bank NTT.

Sejumlah kambing milik warga Kelurahan Kota Ratu, Kecamatan Ende Utara tidak ditertibkan oleh pemilik. Kambing masuk bebas secara gerombolan.

Masuknya kambing ke kawasan bersejarah ini bukan baru pertama kali. Beberapa kali diamati selalu terlihat kambing di dalam kawasan.

“Ini karena tidak ada petugas. Kalau kambing masuk kami selalu usir keluar,”kata seorang pengunjung Museum Tenun Ikat yang enggan menyebutkan identitas.

Pemerintah Kabupaten Ende yang selalu melakukan kegiatan tahunan baik kegiatan budaya maupun kegiatan sejarah seolah mengabaikan dan tidak peduli dengan kondisi kedua taman. (Ian Bala/AA/VoN)