Ratusan pemuda muslim  di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) menggelar aksi solidaritas untuk Rohingya di Myanmar,Selasa (12/9/2017)

Labuan Bajo,Vox NTT-Ratusan pemuda  di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) yang terdiri dari Madrasah-Alia, Pemuda Muhamadyah dan Jemaat Tablik menggelar aksi solidaritas untuk Rohingya di Myanmar, Selasa (12/9/2017).

Pantuan VoxNtt.com, masa aksi berkumpul di Lapangan Kampung Ujung pukul 10.00 WITA dengan membawa spanduk yang berisikan seruan kepedulian mereka terhadap etnis Rohingya di Myanmar.

Masa aksi kemudian melakukan pawai keliling Kota Labuan Bajo dengan Rute Kampung Ujung-Pasar Baru-Wae Mata-Kompleks SMPN-Puncak Waringin kemudian kembali ke Lapangan Kampung Ujung.

Aksi itu mendapat pengawalan ketat dari Polres Mabar. Sepanjang rute, koordinator aksi secara bergantian melakukan orasi tentang persoalan yang terjadi di Myanmar itu.

Ketua Pemuda Muhammadyah Cabang Mabar,Abdul Gafur mengatakan aksi ini murni aksi solidaritas organisasi muslim di Labuan Bajo yang peduli dengan persoalan etnis Rohingya di Myanmar.

“Kita harap pemerintah pusat dan dunia internasional untuk mengambil sikap terkait persoalan yang menimpa etnis Rohingya,” tegasnya.

Dalam aksi itu juga, peserta aksi meminta sumbangan kepada masyarakat Labuan Bajo yang ingin membantu meringankan beban etnis Rohingya. Dana yang dikumpulkan kemudian akan dikirim langsung ke etnis Rohingya di Myanmar.

Koordinator aksi solidaritas,Muhamad Ali Hanafia dalam orasinya mengutuk keras tindakan mileter Myanmar dan meminta Pemerintah Indonesia untuk pro aktif terkait persoalan etnis Rohingya. (Gerasimos Satria/VoN).