Kepala Puskesmas Wairiang, Fransiskus Xaverius Hali (kanan) dalam acara minilokakarya lintas sektor (Foto: Dok Puskesmas Wairiang)

Lembata, Vox NTT– Fransiskus Xaverius Hali, kepala puskesmas Wairiang, Kecamatan Buyasuri-Lembata, sangat berharap agar status puskesmas yang dipimpinnya naik kelas menjadi UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) .

Harapan itu disampaikan oleh Fransiskus kepada voxntt.com,  usai pelaksanaan lokakaria mini lintas sektor (Linsek) pada 30 Agustus lalu.

Alasan mendasar yang dikemukakan oleh Fransiskus dengan peningkatan status Puskesmas dari UPTD agar struktur dan fungsi Puskesmas lebih kuat.

“Fasilitas kami di Puskesmas Wairiang ini sudah aman om, kalo soal tenaga dokter kami belum punya dokter gigi, tapi sekali lagi soal fasilitas aman. Kami hanya minta peningkatan status jadi UPTD,” kata Fransisikus.

Harapan yang dikemukakaan oleh Fransiskus diamini juga oleh Bidan Lusia Leto.

“Kenapa kami sangat mengharapkan status Puskesmas jadi UPTD supaya peskesmas itu mandiri. Ada manajemen sendiri dan bisa dikatakan otonom dalam menjalankan program dan kebutuhan anggarannya,” jelasnya. (Hengky Ola/VoN).

alterntif text