Sekretaris dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten TTU, Yohanes Sanak. (Foto: Eman Tabean)

Kefamenanu,Vox NTT- Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dalam hal ini dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menggelar perlombaan dansa yang diikuti 500 pasangan.

Kegiatan ini direncanakan digelar pada 24-25 November 2017 mendatang di halaman Kantor Bupati TTU. Dijelaskan, perlombaan ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan datang berwisata di TTU.

“Perlombaan ini bagian dari 11 rangkaian kegiatan wonderful Indonesia, dimana sebelumnya kita gelar really motor, beberapa konser serta beberapa kegiatan kebudayaan pada pameran pembangunan beberapa waktu lalu,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten TTU, Yohanes Sanak saat ditemui VoxNtt.com di ruang kerjanya, Selasa (21/11/2017).

“Pemerintah pusat targetkan untuk TTU sendiri harus 65 ribu wisatawan. Makanya rangkaian kegiatan wonderful Indonesia ini bertujuan agar mendongkrak jumlah wisatawan datang ke TTU,” ungkap Sanak.

Sanak menjelaskan, pada awalnya pihaknya menargetkan perlombaan tersebut akan diikuti seribu peserta, namun karena waktunya bertepatan dengan akhir tahun maka pemerintah pusat mengurangi pagu dananya, sehingga jumlah peserta pun dikurangi.

Ditanya terkait alasan pihaknya memilih lomba dansa sebagai salah satu kegiatan untuk mendongkrak jumlah wisatawan datang ke TTU, Sanak menjelaskan, dansa dipilih lantaran jenis kesenian ini yang paling diminati oleh masyrakat di kabupaten TTU, Belu dan Malaka serta  warga Timor Leste.

“Targetnya 300 pasang dari dalam TTU dan kabupaten sekitar serta 200 pasang dari Timor Leste. Ini tahun pertama. Jadi, saya tidak pastikan target itu bisa terpenuhi atau tidak, karena yang mendaftar baru puluhan pasangan,” jelasnya.

Lebih lanjut Sanak menjelaskan, untuk perlombaan ini pihaknya menyediakan hadiah hingga puluhan juta rupiah bagi para pemenang.

Sedangkan bagi peserta yang tidak berhasil masuk sebagai pemenang, akan diberikan pengganti biaya transportasi.

“Total dana untuk acara lomba dansa ini Rp 100 juta lebih. Namun untuk jelasnya, biar nanti langsung wawancara dengan tim dari pusat saat lomba nanti,” cetusnya.

Penulis: Eman Tabean

Editor: Boni Jehadin