Petugas KPA Ende sedang menjalani tes HIV bagi pekerja salah satu Pub atau tempat hiburan malam di Ende (Foto: Doc. KPA Ende)

Ende, Vox NTT-Sejumlah kegiatan dilakukan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Ende dalam memperingati hari AIDS sedunia. Selain kegiatan kampanye dengan membagi-bagi stiker dan leaflet pencegahan stigma, KPA Ende kembali melakukan tes HIV bagi wanita pekerja di Pub atau tempat karaoke.

Melalui program mobile Voluntary Counseling and Testing (VCT), pihak KPA melakukan tes pada empat tempat hiburan malam yang berbeda.

Pengelola Program KPA Ende, Valen A. Raki mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Selain itu, adalah program KPA Ende untuk mengidentifikasi kasus penyakit menular tersebut.

“Ya, ada empat tempat (Pub, red) yang kita sudah tes HIV. Sekarang kita sedang periksa di Solvide dan rencananya kita akan cek di tempat hiburan Kampung Artis,”katanya terpisah, Kamis sore.

Valen menjelaskan, hasil tes tetap menggunakan sistem konseling. Jika hasil positif, maka akan diarahkan ke klinik utama VCT Rumah Sakit Ende dengan menggunakan tiga alat pemeriksaan.

“Kalau hasilnya negatif nanti sekira enam bulan kedepan kita lakukan penawaran tes lagi. Kalau positif tetap pakai konseling karena ada positif palsu,”jelas Valen.

“Kemarin sebelumnya mobile VCT untuk komunitas pekerja seks dan para waria. Kami sudah lakukan pemeriksaan,”tambah Valen.

Ia mengucapkan apresiasi terhadap pemilik usaha tempat hiburan tersebut, karena sudah bekerja sama dengan pihak KPA. Pihaknya berharap kerja sama tersebut tetap terjalin agar kesehatan bagi pekerja dunia malam terus terjaga.

Penulis: Ian Bala
Editor: Adrianus Aba

alterntif text