Rombongan pelajar lima desa sedang mendorong truk karena kondisi jalan yang memprihatinkan. Mereka meminta agar jalur jalan tersebut dapat diperbaiki (Foto : Adrianus)

Ende, Vox NTT-Ruas jalan Nangamboa-Oja di Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, NTT rusak berat. Kondisi ini membuat warga lima desa ekstra berhati-hati untuk melintas jalur jalan itu.

Diketahui, ruas jalan tersebut merupakan jalur yang berada pada wilayah paling barat Kabupaten Ende. Ada lima desa yang bermukim di daerah perbatasan Kabupaten Ende dan Kabupaten Nagekeo itu.

Warga setempat, Tomy Mbenu Nulangi kepada media ini menjelaskan, ruas jalan tersebut menghubungkan lima desa isolir yakni Desa Ondorea Barat, Desa Tendaondo, Desa Watumite, Desa Romarea dan Desa Tendambepa.

Kelima desa, kata Tomy, masuk wilayah adat suku Nga’o di wilayah Kabupaten Nagekeo. Namun, secara administrasi pemerintah, lima desa tersebut masuk di wilayah Kabupaten Ende.

Tomy mengaku, saat ini masyarakat sulit melintas jalur itu. Sehingga ia meminta agar pemerintah dapat memperbaiki infrastruktur pada jalur jalan tersebut.

Ia menambahkan, pemerintah seolah menutup mata tehadap kondisi jalur jalan itu. Padahal, kata Tomy, masyarakat sudah sering mengusulkan untuk diperbaiki.

“Kami sudah sampai pada titik lelah untuk menyuarakan soal kondisi jalan Nangamboa-Oja, tapi pemerintah seolah menutup mata terhadap kondisi yang alami masyarakat,”ungkap Tomy, Rabu (10/01/2018) di Ende.

Pemuda asal Watumite ini berharap, pemerintah Kabupaten Ende segera memperbaiki ruas jalan tersebut karena banyak sekali potensi komoditi seperti marica, cengkeh, vanili, kopi dan kakao.

“Kami tidak henti-henti meminta kepada pemerintah supaya segera memperbaiki ruas jalan itu supaya akses transportasinya lancar,”ucap Tomy.

Sementara Kepala Desa Watumite Kristoforus A. Dey Siu, kata Tomy, sudah meminta agar pemerintah Kabupaten Ende segera memperbaiki ruas jalan Nangamboa-Oja.

 

Penulis: Ian Bala
Editor: Adrianus Aba

alterntif text