AKBP Marselis Sarimin Karong pose bersama usai acara perpisahan di Rujab Bupati Manggarai, Jumat, 19 Januari 2018 malam (Foto: @Respati)

Ruteng, Vox NTT- Kapolres Manggarai, AKBP Marselis Sarimin Karong telah resmi diganti oleh AKBP Cliffry Steiny Lapian.

Hal itu ditandai dengan acara serah terima yang berlangsung di Kantor Polres Manggarai, Jumat (19/01/2017).

Selanjutnya pada Jumat malam, acara berpisahan dengan AKBP Marselis berlangsung di rumah jabatan bupati Manggarai.

Acara yang dikemas dalam nuansa informal itu dihadiri oleh sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Manggarai dan Manggarai Timur (Matim), serta unsur Forkompimda.

Bupati Matim, Yosef Tote dalam sambutannya menyampaikan sejumlah kesan saat AKBP Marselis memimpin Polres Manggarai kurang lebih selama 8 bulan terakhir.

Bupati Tote mengisahkan selama mantan Kapolres Puncak Jaya Papua itu memimpin Polres Manggarai tetap menjaga fungsi dan kewenangannya dalam berelasi dengan Pemkab Matim.

“Pak Kapolres, memang saya yang lulus dia (AKBP Marselis) ini dulu, tetapi waktu dia Kapolres saya tetap panggil dia, pak Kapolres bagaimana, posisi di mana,” klakar Tote.

Bupati Matim dua periode itu menambahkan, selama AKBP Marselis menjadi Kapolres Manggarai tetap melakukan koordinasi dengan Pemkab Matim. Itu terutama jika ada hal yang harus dikoordinasi dengan dirinya sebagai pimpinan Polres Manggarai.

“Jadi, terima kasih pa Marsel, terima kasih ibu Marsel. Malam ini sudah selesai menjalankan tugas dan fungsi (sebagai Kapolres Manggarai),” kata Bupati Tote.

Kendati sudah selesai memimpin lembaga hukum itu, namun dia meminta AKBP Marselis sebagai tanggung jawab moral agar tetap menjaga keamanan di wilayah Matim dan Manggarai.

Senada dengan Bupati Tote, Kapolres Manggarai AKBP Cliffry Steiny Lapian menyampaikan terima kasih kepada AKBP Marselis karena sudah memimpin selama selama kurang lebih 8,5 bulan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Pa Marsel karena telah menyelesaikan tugas dan fungsinya dengan baik,” kata AKBP Cliffry dalam sambutannya.

Sementara AKBP Marselis sendiri dalam kesempatan tersebut menyampaikan permohonan maaf jika ada hal-hal yang tidak berkenan selama memimpin Polres Manggarai.

 

Penulis: Adrianus Aba

alterntif text