Paskalis Sirajudin

Borong, Vox NTT-Paskalis Sirajudin adalah bakal calon wakil bupati Manggarai Timur yang mendampingi Marselis Sarimin Karong sebagai bakal calon bupati Manggarai Timur.

Ayahnya, Arnold Walur, meninggal pada 1967. Kakak sulung, Pater Alex Lanur OFM, menjadi sosok panutan bagi keluarga. Keteladanan Pater Alex terutama pada kesederhanaan.

Guru besar itu adalah penumpang setia kereta api Depok-Jakarta saban mengajar di STF Driyakara, Jakarta. Kesederhanaan itulah yang diwarisi Pater Alex kepada keluarga termasuk kepada adiknya, Paskalis Sirajudin.

Setelah menamatkan sekolah dasar di Lengko Ajang, Paskalis melanjutkan pendidikan di Seminari Kisol. Kemudian meneruskan pendidikan tinggi di Ledalero, Maumere.

Perjalanan kariernya sebagai pegawai negeri sipil sebagian besar dijalankan di Maumere mulai 1988. Berbagai jabatan pernah dipegangnya.

Mulai dari Pjs Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan BP-7 Kabupaten Sikka, Kepala Bagian Humas, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sikka, hingga Sekretaris DPRD Kabupaten Sikka pada 2010 sebelum pindah ke Manggarai Timur.

Di Manggarai Timur, Paskalis mengawali kariernya sebagai Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas pada 2010, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (2012), dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa yang dijabatnya sejak akhir 2016.

Berbagai jabatan yang diemban sejak di Maumere dan Borong membuat Paskalis matang dan lincah dalam urusan birokrasi. Idealisme dan integritasnya tidak pernah surut walau diterpa budaya birokrasi yang kadang pragmatis. Berikut perjalanan karir Paskalis sejak 1988 menjadi PNS di Maumere hingga hijrah berkiprah di Manggarai Timur.

Perjalanan Karir Paskalis

Tahun 1988-1991 : menjadi staf PNS di Kabupaten Sikka, Maumere

Tahun 1992: Pjs Kabid Pengkajian dan Pengembangan BP-7 di Kabupaten Sikka

Tahun 1994: Pjs Sekretaris BP-7 di Kantor BP-7 Kabupaten Sikka

Tahun 2000: Kepala Bagian Ketertiban Setda Kabupaten Sikka

Tahun 2001: Pj Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sikka

Tahun 2003: Kepala Bagian Humas Kabupaten Sikka

Tahun 2006: Kepala Bagian Diklat dan Pengembangan Kabupaten Sikka

Tahun 2006: Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sikka

Tahun 2009: Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Kabupaten Sikka

Tahun 2010: Sekretaris DPRD Kabupaten Sikka

Tahun 2010: Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Manggarai Timur

Tahun 2012: Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Manggarai Timur

Tahun 2016:  Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Manggarai Timur

Kontributor: Tim Merpati

Editor: Boni J