Personil Satgas Pamtas 743/PSY sedang melakukan pemeriksaan kesehatan warga di Silawan (Foto: Marcel Manek/ Vox NTT)

Atambua, Vox NTT- Komando Satuan Tugas (Satgas) Pamtas  RI-RDTL Yonif 743/PSY tidak hanya melaksanakan tugas pokoknya menjaga wilayah perbatasan demi menjaga keutuhan NKRI  di pos Silawan. Namun mereka juga melakasanakan kegiatan teritorial di bidang kesehatan.

Kegiatan teritorial yang dilakukan Satgas 743/PSY dengan membagikan Kartu Sehat (Kartu Pengecekan Tekanan Darah) gratis di Desa Silawan, Kecamatan  Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Kamis (2 2/02/2018).

Danpos Silawan Sertu Muhamad Yusuf  mengatakan, aksi yang dilakukan bersama rekan-rekannya  merupakan bentuk nyata kepedulian TNI kepada masyarakat. Itu terutama memberikan akses untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara gratis.

“Kartu ini merupakan kartu sehat, di mana masyarakat akan mengetahui berapa tekanan darah mereka, karena setiap pengecekan tekanan darah oleh petugas kesehatan dari pos Silawan yang dilakukan setiap satu minggu sekali di setiap dusun mereka akan mencatat di kartu sehat ini, berapa tekanan darah masyarakat yang diperiksa,” jelas Yusuf.

Rencananya, kegiatan ini akan terus dilakukan di seluruh dusun di Desa Silawan.

Untuk pertama dilaksanakan di Dusun Webenahi, Desa Silawan dengan jumlah kartu yang dibagi sebanyak 50 buah untuk masyarakat usia 30 tahun ke atas.

Kepala Desa Silawan  Ferdinandus Mones Bili menyambut baik dan sangat antusias terhadap kegiatan yang dilakukan Satgas 743/PSY tersebut.

Ferdi mengaku selama ini masyarakat tidak mengetahui status kesehatan, terutama tekanan darah.

Karena itu melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan tahu dan sadar untuk menjaga pola hidup sehat.

“Kartu ini kecil tetapi sangat besar fungsinya,” kata Ferdi.

Untuk diketahui, bahwa Pos Silawan Satgas Pamtas RI-RDTL jumlahnya 13 personil yang dikomandoi  Serka Muhamad Yusuf.
Penulis: Marcel Manek
Editor: Adrianus Aba

alterntif text