Longsor di jalur Benteng Jawa-Ruteng, tepatnya di Rejo Desa Leong Kecamatan Poco Ranaka (Foto: Aleksius Rahman)

Borong, Vox NTT-Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Manggarai Timur dan sekitarnya beberapa hari terakhir, mengakibatkan longsor besar menutupi bahu jalan Ruteng-Benteng Jawa, Senin (26/02/2018).

Akibat longsor itu, akses transportasi dari ibu kota Kabupaten Manggarai menuju ibu kota Kecamatan Lamba Leda- Manggarai Timur tersebut sempat lumpuh.

Camat Lamba Leda, Aleksius Rahman kepada VoxNtt.com mengatakan, longsor tersebut terjadi di Kampung Rejo, Desa Leong, Kecamatan Poco Ranaka sekitar pukul 16.00 Wita, Senin sore.

Aleks mengaku, informasi adanya longsor di Rejo diketahuinya dari Pastor Paroki Benteng Rm. Festo Manuel. Pastor Festo sendiri melewati ruas tersebut dan tiba di titik longsor sekitar pukul 19.00 Wita.

“Mobil mereka terpaksa didorong oleh warga Kampung Rejo, sehingga bisa melintas. Namun, apabila terjadi hujan susulan bukan tidak mungkin terjadi longsor susulan yang dapat mengakibatkan jalur transportasi Benteng Jawa-Ruteng-Borong bisa putus total,” kata Camat Aleks.

Dia menambahkan, longsor yang terjadi pada tahun 2017 lalu di sekitar lokasi longsor itu belum ditangani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manggarai Timur.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Melo kecamatan Poco Ranaka, Benediktus Don membenarkan adanya longsor di Rejo desa Leong itu.

“Ia benar ada longsor. Longsor tutup badan jalan,” aku Kades Benediktus.

 

Penulis: Nansianus Taris
Editor: Adrianus Aba

alterntif text