Hilarius Rudi, tokoh muda asal Golo Nderu (Foto: Istimewa)

Borong, Vox NTT- Hilarius Rudi, tokoh muda asal Golo Nderu mengecam kepala desanya,  Gaspar Hasan yang dikabarkan mengundurkan diri dari jabatan dengan alasan ingin fokus mengurus bisnis kopi.

“Saya mengecam isu pengunduran diri dari Kades Golo Nderu dengan alasan fokus urus bisnis kopi.  Itu alasan yang sangat konyol dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.  Mengapa dulu berani mencalonkan diri menjadi pemimpin, lalu di tengah perjalanan memilih untuk mundur.  Ada apa sebenarnya di balik itu,” ujar Hilarius yang juga seorang aktivis PMKRI kepada VoxNtt.com melalui pesan WhatsApp,  Kamis (01/03/2018).

Dia menyatakan,  rakyat telah mengamanatkan kepercayan kepada Kades Gaspar untuk menjadi pemimpin di desa Golo Nderu.  Kades Golo Nderu juga telah mengangkat sumpah janji untuk siap mengemban amanat tersebut.

Hilarius sendiri menyayangkan sumpah janji itu dikhianati Kades Gaspar demi kepentingan peribadi.

Baca:Fokus Urus Bisnis Kopi, Kades Golo Nderu Undur Diri

Amanat yang diberikan itu mestinya dibalas atau dibayar secara total dan tuntas lewat pengabdian kepada masyarakat.

“Mengapa harus lepas di tengah jalan? Saya secara pribadi menyayangkan sikap yang diambil oleh Kades Golo Nderu yang lebih mementingkan bisnisnya daripada melayani masyarakat,” tegas Hilarius.

Menurut dia, menjadi pemimpin itu harus mampu menerima kritikan, hujatan bahkan makian. Bahkan mati sekalipun demi kepentingan rakyatnya.

Dia juga meminta masyarakat agar jangan takut untuk bersuara.

“Kalau salah katakan salah. Yang benar katakan benar. Saya juga mengajak kaum muda desa Golo Nderu untuk jangan mencari posisi nyaman untuk tidak berani bahkan secara sadar dan sengaja berdiam diri terkait persoalan didesanya dan juga untuk BPD, jalan tugas pokok dan fungsi sebagai parlemen di desa. Jangan hanya sebagai simbol.  Tetapi lemah dalam mengawasi pembangunan di desa,” tegasnya.

Baca: Surat Pengunduran Diri Kades Golo Nderu Belum Sampai ke Camat

Hilarius juga meminta kepada Pemkab Matim melalui dinas terkait dan media massa untuk menelusuri motif pengunduran diri dari Kades Golo Nderu tersebut.

“Patut diduga ada alasan lain di balik pengunduran diri itu. Saya menduga itu hanya alasan klise saja. Perlu ditelusuri alasan lainnya,” pungkas dia.

Sementara hingga berita ini dirilis, VoxNtt.com belum berhasil mengonfirmasi Kades Golo Nderu dan Dinas PMD Matim terkait adanya surat pengunduran diri tersebut.

 

Penulis: Nansianus Taris
Editor: Adrianus Aba