Puluhan hektare sawah petani di Mbay diserang hawa wereng dan semut hitam

Mbay, Vox NTT- Para petani di persawahan Mbay, Kabupaten Nagekeo saat ini mengalami kerugian karena hasil panen padi mereka menurun drastis. Hal ini disebabkan karena serangan hama wereng dan semut hitam pada tanaman padi.

Salah seorang petani Hendrikus Papu kepada wartawan belum lama ini mengatakan, lahan miliknya yang berukuran setengah hektare kini hasil penennya menurun drastis. Padahal sebelumnya bisa mencapai 19 karung, namun kini hanya 8 karung.

Menurutnya, penurunan hasil panen disebabkan padi diserang berbagai jenis hama. Itu mulai dari hama wereng yang menyerang batang dan daun padi, hingga hama wereng dan semut hitam.

Hendrikus mengaku, berbagai upaya telah dilakukan untuk membasmi hama dengan melakukan penyemprotan menggunakan obat. Namun akibat tidak adanya kepastian obat yang digunakan, hama tersebut tidak punah.

Kondisi yang sama juga dialami oleh beberapa petani sawah lainnya. Para petani mengaku hasil panen di periode pertama tahun 2018 mengalami gagal panen, rata-rata kehilangan 7 hingga 10 karung dari hasil panen biasanya 20-30 karung.

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Adrianus Aba

alterntif text