Ilustrasi

Bajawa, Vox NTT-Dalam rangka menyongsong peringatan 54 tahun Hari Bhakti Pemasyarakatan, rumah tahan (Rutan) Kelas IIB Bajawa, Kabupaten Ngada menggelar aneka perlombaan. Perlombaan itu digelar di Rutan Bajawa.

“Perlombaan dalam HUT hari bhakti yang ke-54 itu yakni perlombaan volleyball, catur, futsal, donor darah dan lain-lain,” ujar Kepala Rutan Bajawa, Antonius Yuniarto kepada VoxNtt.com di ruang kerjanya, Kamis malam (26/04/2018).

Antonius mengatakan, sejumlah perlombaan itu juga bagian paradigma baru Lembaga Pemasyarakatan.

Itu untuk menekankan cara pandang perlakukan terhadap warga binaan sebagai bagian dari keluarga dan sebagai mitra.

Warga binaan, kata dia, harus diperlakukan dengan adil. Sebab saat ini tidak lagi menggunakan paradigma penjara.

“Bukan seperti zaman dulu yang masih menganut paradigma penjara, tetapi saat ini sudah berubah cara pandang pemidanaan hanyalah salah satu dari aspek pendekatan hukum. Tujuan yang paling pokok adalah menjadikan warga binaan kembali ke jalan yang benar, kembali menjadi masyarakat yang berguna bagi bangsa dan Negara dan menjadi warga Negara Indonesia yang taat terhadap azas aturan hukum,” ujarnya.

Antonius berharap melalui kegiatan-kegiatan pekan olahraga, rekreasi dan juga sejumlah kegiatan kebersamaan yang terus menerus dilakukan, bisa menumbuhkan kesadaran-kesadaran baru warga binaan untuk menjadi warga Negara yang berguna bagi terciptanya Indonesia yang taat azas dan berkarya untuk kebaikan bersama.

 

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Adrianus Aba

alterntif text