Ini lokasi pemasangan akses internet di wilayah SMA Negeri Magepanda, Kabupaten Sikka (Foto: Doc. AHP)

Ende, Vox NTT-Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kominfo telah memulai pemasangan akses internet dan pembagian laptop gratis di Maumere, Kabupaten Sikka, NTT. Hal ini dilakukan atas upaya Anggota DPR RI, Andreas Hugo Pareira untuk menindaklanjuti kerja sama antar dua lembaga tersebut.

Ada tiga SMA Negeri di Maumere yang akan memanfaatkan akses internet tersebut. Masing-masing tersebar di wilayah Bola, Waigete dan wilayah Magepanda.

Andreas mengatakan, pemasangan akses internet pada hari ini, Selasa (1/5/2018) akan dimulai dengan kegiatan pemasangan fondasi instalasi. Diharapkan dalam dua hari ke depan akses internet sudah bisa masuk ke sekolah-sekolah tersebut.

Dijelaskan, kegiatan pemasangan internet akan diikuti dengan kegiatan Pelatihan Digital Marketing dan E-Commerce di Kampus Universitas Nusa Nipa (UNIPA) pada Sabtu 5 Mei nanti.

Kegiatan pelatihan ini akan diikuti oleh Mahasiswa UNIPA, para Kepala Sekolah, Guru serta perwakilan siswa dari sekolah-sekolah yang akan menerima sumbangan akses internet dan laptop.

Politisi senior PDI Perjuangan ini menambahkan, acara serupa sudah pernah dilaksanakan di Ende, Lembata, dan akan dilanjutkan di Manggarai Timur pada tanggal 9 Mei 2018. Selain itu juga daerah-daerah di NTT lainnya, khususnya di wilayah dapilnya Flores, Lembata dan Alor.

Ia berharap dengan dimulainya pemasangan akses internet di wilayah Kabupaten Sikka ini, kedepannya penyebaran sarana dan pra-sarana komunikasi akan semakin merata.

 

Penulis: Ian Bala
Editor: Adrianus Aba